Masuk Arus Mudik, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Mulai Melonjak

Jakarta pemudik yang memadati pada Jumat (8/6) mulai mengalami lonjakan. Kemarin tercatat ada 1.056 yang melakukan perjalanan melalui Bandara Soetta. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 15% dari periode yang sama tahun lalu.

Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Mulai Melonjak - www.merdeka.com

Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Mulai Melonjak – www.merdeka.com

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Soetta, Muhammad Awaluddin, puncak arus melalui Bandara Soetta diprediksi berlangsung pada H-3 . “Hari ini kami pantau sudah 1.056 penumpang yang terbang, ini naik 15 persen dibanding tahun lalu,” ujar Awaluddin di Posko Terpadu Lebaran Terminal 1C Soekarno-Hatta, Jumat (8/6), seperti dilansir Merdeka.

Pada H-7 Lebaran, jumlah penumpang pesawat di Bandara Soetta masih akan terus bertambah. Menurut Awaluddin, sebagian besar pemudik terbang menuju Kota Semarang, Makassar, dan Surabaya. “Ini tujuan favorit pemudik,” ungkap Awaluddin.

PT AP II selaku pengelola Bandara Soetta memprediksi jika puncak arus mudik di Bandara Soetta, Tangerang, Banten akan berlangsung pada H-3 Lebaran 2018. “Kemungkinan akan terjadi pada Selasa (12/6) Rabu (13/6) nanti, pada tanggal tersebut petugas baik dari angkasa pura dan juga pengamanan akan melakukan siaga melekat,” beber Awaluddin.

Lebih lanjut Awaluddin menjelaskan bahwa pihak PT AP II melakukan sejumlah langkah antisipasi apabila kelak terjadi penumpukan penumpang dengan lonjakan yang cukup tinggi di Bandara Soetta. “Antisipasinya dengan pengamanan oleh kepolisian yang khawatir tindak kriminal terjadi ditambah adanya penunjang ,” ucap Awaluddin.

Pada masa angkutan mudik Lebaran kali ini, PT AP II menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan para pengguna jasa Bandara Soetta, misalnya saja dengan menambah jumlah troli. “Takjil bagi yang berpuasa, secara rutin terus kami berikan selama puasa ini. Kami imbau calon penumpang memanfaatkan transportasi umum, ada Terminal Oriented Development di pintu M1, Kereta Api Bandara, Bus Damri, dan Skytrain. Skytrain kita operasikan selama 20 jam pada peak season lebaran ini,” jelas Awaluddin.

Berdasarkan pantauan Akurat, pada H-8 Lebaran di Terminal 1 Bandara Soetta penerbangan domestik mulai menunjukkan kepadatan walaupun belum signifikan. Keberangkatan pesawat dalam negeri mencapai 114 dengan 17.555 penumpang. Sedangkan untuk kedatangan terdapat 7 pergerakan pesawat dengan 1.066 penumpang.