Ini Deretan Maskapai Teraman Dunia Versi Airline Ratings

Jakarta – Dalam industri , bukan hanya soal yang menjadi faktor penting, tetapi juga keselamatan . Pada tahun ini situs AirlineRatings.com kembali merilis teranyar dunia dengan faktor keselamatan terbaik. Dalam daftar tersebut, mereka mengukur faktor keselamatan yang diterapkan oleh 405 yang ada di seluruh dunia.

Qantas Airways - www.ft.com

Qantas Airways – www.ft.com

Dalam pemeringkatan itu, posisi pertama lagi-lagi diraih oleh maskapai asal Australia, Qantas Airways. Maskapai internasional ini selalu menempati posisi teratas sejak tahun 2014 hingga 2017. Pada 2018, AirlinesRating.com tak menemukan yang terbaik lantaran nilai kurasi pada 20 maskapai dianggap sama, sehingga daftar yang dirilis hanya berdasar alfabet.

Namun tahun ini Qantas kembali meraih posisi juara karena faktor keselamatannya menjadi yang terbaik dibanding 19 maskapai lain. Pemeringkatan ini didasarkan pada sejumlah tolak ukur seperti audit dari badan penerbangan dan pemerintah, catatan kecelakaan dan insiden serius, usia armada, posisi keuangan, pelatihan pilot, dan budaya.

“Penilaian dilakukan berdasarkan cara awak pesawat menangani insiden. Qantas telah menjadi maskapai yang memiliki kemajuan keselamatan operasional utama selama 60 tahun terakhir dan belum memiliki kejadian fatal,” ujar Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi Airlineratings.com, seperti dilansir Kompas.

Berikut ini daftar 20 maskapai penerbangan teraman di dunia versi AirlineRatings.com tahun 2020:

  1. Qantas
  2. Air New Zealand
  3. EVA Air
  4. Etihad Airways
  5. Qatar Airways
  6. Singapore Airlines
  7. Emirates
  8. Alaska Airlines
  9. Cathay Pacific
  10. Virgin Australia
  11. Hawaiian Airlines
  12. Virgin Atlantic
  13. TAP Air Portugal
  14. SAS
  15. Royal Jordanian
  16. Swiss
  17. Finnair
  18. Lufthansa
  19. Aer Lingus
  20. KLM

Thomas pun memuji inovasi Qantas, termasuk keberhasilannya terbang dari Perth ke London dengan non-stop Boeing 787 serta penerbangan uji coba London-Sydney dan New York-Sydney belum lama ini. Sedangkan untuk keamanan maskapai berbiaya rendah yang dinilai paling aman di dunia antara lain Air Arabia, Flybe, Frontier, HK Express, IndiGo, Jetblue, Volaris, Vueling, Westjet, dan Wizz Air.