Maskapai China Airlines Ikut Layani Rute Domestik Jakarta-Makassar?

Jakarta – Belakangan ini viral China Airlines ikut melayani penerbangan domestik atau dalam negeri. Tak tanggung-tanggung, maskapai China Airlines rupanya ikut menjual untuk Jakarta-Makassar. Informasi mengenai hal ini beredar di jejaring WhatsApp.

China Airlines - id.wikipedia.org

China Airlines – id.wikipedia.org

Pada screenshot yang disebarkan, tampak bahwa tiket pesawat China Airlines berangkat dari , Tangerang menuju Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar untuk jadwal penerbangan tanggal 30 Juni 2019. Dari sejumlah harga tiket pesawat kelas ekonomi yang ditawarkan, salah satunya ada yang berangkat pukul 01.15 dan tiba pukul 04.55 dengan harga tiket Rp 5.848.900 per orang (durasi perjalanan 2 jam 40 menit).

Ketika dikonfirmasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan jika baru AirAsia saja yang melayani rute domestik di Indonesia. Maskapai asal Malaysia itu pun harus mendirikan badan usaha di Indonesia. Jadi informasi terkait maskapai China Airlines yang terbang langsung dari Bandara Soetta ke Bandara Hasanuddin kata Budi tidak benar. “Sebenarnya tidak ada, itu codeshare, antara Garuda dengan itu (China Airlines),” ungkap Budi di Jakarta, Jumat (14/6), seperti dilansir iNews.

Berdasarkan situs resmi China Airlines, tiket penerbangan yang dimaksud adalah rute domestik dengan keterangan tambahan. Rupanya ada tulisan kecil yang menuliskan bahwa rute itu dioperasikan Garuda Indonesia (GA654). Dengan demikian, rute itu tak sepenuhnya dioperasikan maskapai asing, melainkan bentuk kerja sama dengan maskapai nasional.

Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Ikhsan Rosan juga menjelaskan, dalam dunia penerbangan kerja sama semacam itu disebut codeshare, yang artinya suatu bentuk kerja sama antara 2 maskapai untuk berbagi rute penerbangan internasional yang sama. “Dalam kasus itu, rute lengkapnya adalah Taipei-Makassar. Jadi, Taipei ke Jakarta dioperasikan China Airlines, sedangkan Jakarta-Makassar oleh kami,” papar Ikhsan.

Jadi rute tersebut bukanlah penerbangan langsung (direct flight), tetapi merupakan penerbangan Transit. Maskapai China Airlines akan mengangkut penumpang untuk terbang dari Taipei ke Jakarta, kemudian dari Jakarta ke Makassar akan dilayani oleh Garuda Indonesia.