Masih Uji Coba, Jumlah Penumpang KA Bandara Soetta dari Bekasi Meningkat

PT Ralink saat ini memang tengah melakukan uji coba untuk perjalanan menuju Bekasi. Selama enam hari uji coba, mulai Selasa (19/6) hingga Minggu (24/6) kemarin, KA Soekarno-Hatta diklaim mengalami peningkatan, yang mengisyaratkan warga Bekasi dan sekitarnya memanfaatkan angkutan massal ini sebagai alternatif menuju .

Penumpang Kereta Api Bandara Soetta - www.beritasatu.com

Penumpang Kereta Api Bandara Soetta – www.beritasatu.com

“Hari Minggu kemarin, tercatat ada 180 orang yang menggunakan kereta bandara dari Stasiun Bekasi. Selama enam hari uji coba yang dimulai Selasa, terjadi kenaikan jumlah penumpang yang luar biasa,” tutur VP Commercial Passenger PT Railink, Fitri Kusumo, dilansir Berita Satu. “Pada hari pertama uji coba, jumlah penumpang hanya tercatat sebanyak 64 orang.”

Fitri menambahkan, sebenarnya PT Railink tidak memiliki target khusus penumpang dari Stasiun Bekasi. Pihaknya hanya ditugaskan untuk memperpanjang rute kereta hingga ke Stasiun Bekasi. “Perjalanan KA bandara tidak mengganggu perjalanan KRL relasi Bekasi-Jakarta atau kereta jarak jauh menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, terutama di Stasiun Manggarai yang menjadi lokasi persimpangan KRL,” sambung Fitri.

“Kami mengoperasikan KA bandara di luar jam sibuk KRL,” jelas Fitri. “Bahkan, ketika ada KRL yang akan melintas, kereta bandara harus menunggu KRL melintas terlebih dahulu. Begitu juga dengan kereta jarak jauh, yang memang lebih diprioritaskan untuk melintas terlebih dahulu.”

PT Railink sendiri berharap perpanjang rute kereta bandara tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama di daerah Bekasi. KA bandara diharapkan bisa menambah pilihan transportasi publik bagi masyarakat Bekasi dan penumpang kereta api jarak jauh dari timur yang transit di Stasiun Bekasi dalam mengakses Bandara Soekarno-Hatta.

Selama masa uji coba, masyarakat umum bisa langsung menggunakan kereta ini dengan membayar tiket promo sebesar 70 persen dari hari harga normal. Tarif promo selama uji coba operasi ini untuk rute dari Stasiun Bekasi ke Bandara Soekarno-Hatta hanya Rp70.000, sedangkan tarif yang lainnya dari Stasiun Bekasi-BNI City dan Bekasi-Batu Ceper masih sama.