Makin Diminati, Bus Damri Sukabumi-Bandara Soetta Bakal Ditambah

SUKABUMI – Pada akhir September 2018 kemarin, resmi mengoperasikan bus untuk melayani rute Sukabumi menuju PP. Jika awalnya jumlah yang naik bus ini hanya 6 orang, makin hari, tingkat okupansi terus bertambah menjadi 36 orang atau bisa dikatakan hampir penuh. Karena itu, perusahaan berencana menambah armada dan bus.

Pelayanan Bus Damri di Bandara Soetta - transportasi.co

Pelayanan Bus Damri di Bandara Soetta – transportasi.co

“Pada awal pengoperasian, jumlah penumpang bus ini hanya enam orang saja,” ujar Danar Winarto, salah seorang pengemudi bus Damri. “Namun, setelah sepekan, jumlah penumpang terus bertambah, antara 36 orang hingga 37 orang dari kapasitas bus yang 39 orang. Lumayan, makin ke sini, masyarakat semakin tahu.”

Jika masyarakat ingin memesan tiket, pria berusia 25 tahun itu menambahkan, bisa langsung datang ke tempat atau booking jauh-jauh hari disesuaikan dengan kondisi kapasitas angkut bus. Sementara, di Sukabumi, hanya ada satu agen, yakni di Pool Damri. “Namun ke depannya, akan ada penambahan armada dan juga penambahan fasilitas kendaraan setelah Tol Bocimi beroperasi,” sambung Danar.

“Untuk saat ini, sementara hanya tersedia lima unit bus Damri, namun sudah ada rencana untuk menambah menjadi 10 unit bus,” imbuh Danar. “Untuk memanjakan penumpang, ke depannya juga akan ditambah fasilitas selain AC, seperti toilet, mengingat jarak tempuh dari Sukabumi menuju Bandara Soekarno-Hatta cukup jauh.”

Bus Damri rute Sukabumi menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta PP sendiri resmi beroperasi pada tanggal 24 September 2018 kemarin. Armada ini melayani rute tersebut lima kali keberangkatan, mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB dari Sukabumi serta mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Penumpang akan dikenakan tarif Rp100 ribu per orang. Tarif itu jauh lebih murah daripada armada lainnya, apalagi dengan fasilitas yang lengkap serta nyaman,” terang Direktur Keuangan Perum Damri, Sri Purwanto. “Kami berharap, layanan bus Damri ini dapat mengurangi kemacetan karena para pengguna kendaraan pribadi bisa beralih ke bus dengan fasilitas eksekutif.”