Low Season, Garuda & Sriwijaya Kurangi Penerbangan Lampung-Jakarta

JAKARTA/LAMPUNG – Low season yang selalu terjadi pada awal tahun membuat beberapa terpaksa mengurangi frekuensi mereka. Garuda Indonesia misalnya, memutuskan untuk mengurangi frekuensi penerbangan Lampung-Jakarta. Langkah serupa juga dilakukan oleh Sriwijaya Air.

Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta - www.tribunnews.com

Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta – www.tribunnews.com

“Penerbangan rute Lampung-Jakarta yang semula enam kali sehari, dikurangi menjadi empat kali dalam sehari,” jelas General Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Tanjungkarang, Gatot Rijadi, dilansir Tribun Lampung. “Dua penerbangan yang dikurangi yaitu nomor pesawat GA71 pukul 07.25 WIB dan GA77 pukul 17.05 WIB.”

Ia menambahkan, pengurangan frekuensi penerbangan ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk menghadapi jumlah permintaan yang menurun. Keputusan pengurangan penerbangan ini juga sudah diperhitungkan dengan matang dan mengacu pada tren tahun-tahun sebelumnya bahwa periode low season biasanya terjadi pada Januari-Maret. “Kemungkinan frekuensi penerbangan akan kembali normal pada April mendatang,” sambung Gatot.

Langkah untuk menurunkan frekuensi penerbangan Jakarta-Lampung juga dilakukan oleh maskapai Sriwijaya Air. Periode low season pada awal tahun (Januari hingga Maret) membuat perusahaan memutuskan untuk mengurangi penerbangan mereka. Menurut mereka, langkah ini juga bukan hal baru di dunia penerbangan.

“Selain memang memasuki low season, pengurangan penerbangan ini juga bertepatan dengan waktu maintenance pesawat,” papar District Manager Sriwijaya Air Lampung, Henrico Fernando. “Karena, pesawat juga perlu dilakukan maintenance, dilakukan pengecekan dan sebagainya, sehingga ketika nanti memasuki normal dan peak season, pesawat sudah siap.”

Sriwijaya Air sendiri mengurangi frekuensi penerbangan Lampung-Jakarta dari semula tujuh penerbangan menjadi lima penerbangan sehari. yang terpaksa dikurangi adalah keberangkatan pukul 14.05 WIB dan 18.10 WIB. Sementara, yang masih terbang adalah penerbangan pukul 06.00 WIB, 09.00 WIB, 12.45 WIB, 17.40 WIB, dan 20.10 WIB.

Meski demikian, penerbangan rute Lampung-Yogyakarta masih normal alias tidak ada pengurangan frekuensi. Pengurangan penerbangan ini sendiri diperkirakan bakal berlangsung hingga periode low season berakhir. Rencananya, memasuki bulan April 2019, frekuensi penerbangan Lampung-Jakarta akan kembali ditambah.