Lounge Khusus Pekerja Migran di Bandara Soetta Siap Diresmikan 18 Desember 2020

Serang (Jokowi) dijadwalkan untuk meresmikan khusus pekerja migran Indonesia (PMI) di Terminal 3 Internasional , Tangerang, Banten pada tanggal 18 Desember 2020 depan. lounge yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh para petinggi dan pengusaha, nantinya juga bakal bisa dinikmati oleh PMI yang turut memberi kontribusi devisa senilai Rp159,6 triliun.

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani – www.liputan6.com

“Yang biasa dinikmati diplomatik dan petinggi negara, bisa juga dinikmati oleh pekerja migran kita. Sedang disiapkan, dikerjakan, diresmikan nanti tanggal 18 Desember oleh presiden,” ujar Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, di BP2MI Kota Serang, Banten, Kamis (19/11), seperti dilansir Liputan6.

Benny berharap di masa kepemimpinannya tak ada lagi buruh yang terlantar di bandar udara, baik ketika berangkat atau kepulangannya. Lounge tersebut kelak dapat digunakan pekerja migran Indonesia untuk menunggu jemputan keluarga atau keberangkatan. Ruang tunggu itu juga diharapkan dapat meminimalisir pemerasan yang menurut Benny biasa dilakukan oleh oknum tertentu di bandara.

“Tidak boleh ada lagi peristiwa mereka kembali ke Tanah Air di bandara terlantar, tidak ada tempat yang bisa mereka gunakan rehat, menunggu keluarganya menjemput, apalagi mereka mendapatkan pemerasan dari oknum-oknum tertentu di bandara, ini tidak boleh lagi,” tegas Benny.

“Kalau kita bisa memberikan tempat nyaman kepada para pejabat, tentu para pahlawan devisa negara ini lebih layak. Kalau ada pejabat yang bilang kok disamakan? Lah kalau mereka jelas, memberikan pendapatan bagi negara. Sedangkan pejabat ngabisin duit negara,” imbuh Benny.

Pihak BP2MI juga menyediakan trek khusus untuk PMI ketika tiba di Bandara supaya lebih mudah memperoleh baik saat keberangkatan maupun kepulangannya. “Kita berikan juga trek khusus, kalau yang ada itu cuma itu diplomat dan kru pesawat biasanya. Kini kita berikan khusus untuk PMI, biar mereka tidak ngantre, tidak bercampur dengan tamu umum lainnya. Setelah di (Bandara) , kita akan buat juga di bandara-bandara lainnya, bahkan di pelabuhan-pelabuhan,” tandas Benny.