Listrik Korslet, Kepulan Asap Membumbung dari Terminal 2D Bandara Soetta

Jakarta – Sempat terjadi percikan api yang menyebabkan kepulan asap menyelimuti 2D , Tangerang, Banten, pada Kamis (14/12) sore tepatnya sekitar jam 15.20 WIB. Plt Executive General Manager Kantor Cabang Utama Soetta, Agus Haryadi juga telah membenarkan kabar tersebut.

munculnya asap dan percikan api di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta - wartakota.tribunnews.com

munculnya asap dan percikan api di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta – wartakota.tribunnews.com

Kepulan asap di Terminal 2D Bandara Soetta diduga karena adanya arus pendek atau korsleting. “Benar ada kepulan asap, namun proteksi kami berjalan dengan baik. Peristiwa ini terjadi di gate 1 Terminal 2D,” kata Agus, Kamis (14/12), seperti dilansir Tribunnews.

Salah satu pengunjung Bandara Soetta bernama Andika mengaku melihat kepulan asap tebal namun tidak terlihat kobaran api. “Tadi ada kepulan asap, terlihat dari area parkir saphire. Tidak ada kepanikan, tapi terlihat dua mobil pemadam kebakaran di sana,” jelas Andika.

Meski sempat ada kepulan asap, beruntung sistem proteksi kebakaran Bandara Soetta berjalan dengan baik dan memicu alarm sistem bereaksi, sehingga petugas pemadam kebakaran dapat melakukan tindakan preventif. Kejadian ini juga tidak menimbulkan gangguan operasional penerbangan di Bandara Soetta.

“Terminologi kebakaran adalah ada api, ini tidak ada. Kami berhasil mencegah itu. Meski begitu kepulan asap sempat masuk ke area boarding lounge sekitar 15 menit berhasil kami selesaikan,” jelas Agus.

Pihak PT Angkasa Pura (AP) II dilaporkan menerjunkan 2 unit pemadam kebakaran. Petugas Pemadam Kebakaran Bandara Soetta pun langsung bertindak cepat untuk mengatasi hal tersebut. Kepulan asap hanya berlangsung 15 menit. “Saat ini kepulan asap sudah ditangani oleh Rescue & Fire Fighting. Intinya itu tidak mengganggu aktivitas penerbangan. Peristiwa tersebut tidak menyebabkan gangguan operasional dan seluruh keberangkatan dan kedatangan pesawat berjalan normal,” pungkasnya.