Lion Air Bakal Terbang Samarinda-Jakarta via Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA – Tiga dikabarkan tertarik untuk membuka Jakarta- PP via setelah Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Ketiga tersebut antara lain , Garuda Indonesia, dan Express Air.

Maskapai Lion Air - inipasti.com

Maskapai Lion Air – inipasti.com

Pihak Lion Air, melalui Airport Manager Lion Air, Muhammad Reza Alfhandy, menuturkan bahwa mereka telah mengajukan slot time ke Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto untuk rute penerbangan jarak pendek pada 25 Oktober kemarin. Perusahaan mengharapkan jadwal terbang tersebut bisa direalisasikan pada tanggal 1 November 2018 mendatang.

Jika tidak ada aral melintang, Lion Air nantinya akan melayani rute dari Samarinda menuju Jakarta (via Bandara Soekarno-Hatta), juga ke Surabaya (via Bandara Juanda) dan Makassar (via Bandara Sultan Hasanuddin) PP. Sementara, Batik Air akan melayani rute Samarinda-Jakarta PP, sedangkan Wings Air dijadwalkan melayani rute penerbangan Samarinda-Berau PP.

“Kami menunggu kepastian sampai Senin (29/10), dan pasti didukung oleh pemerintah maupun Kementerian Perhubungan, apalagi penerbangan ke luar Kaltim merupakan permintaan Presiden yang menugaskan agar ada penerbangan keluar dalam dua minggu ini,” kata Distrik Manager Kaltim Lion Air Group, Achmad Affandi. “Saat ini memang belum ada kepastiannya, nanti saya akan kabari lagi.”

Selain Lion Air Group, maskapai Garuda Indonesia dan Express Air juga dikabarkan tertarik membuka rute penerbangan di Bandara APT Pranoto. Express Air mengusulkan slot time untuk rute penerbangan Samarinda-Yogyakarta-Bandung, sedangkan pihak Garuda Indonesia hingga saat ini masih dalam tahap survei lapangan.

Ketika meresmikan Bandara APT Pranoto, Presiden Joko Widodo memang memerintahkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, untuk segera membuka jalur penerbangan dari Samarinda menuju Jakarta dan Surabaya. Pasalnya, menurut Jokowi, kedua jalur tersebut adalah jalur penerbangan yang paling dibutuhkan oleh warga Samarinda.