Lima Maskapai Ajukan Extra Flight dari Solo ke Bandara Soekarno-Hatta

Lima resmi mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight di Adi Soemarmo, Solo untuk melayani angkutan 2017. yang diajukan hingga berita ini diturunkan masih untuk Solo-Jakarta, baik ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta maupun Bandara Halim Perdanakusuma.

tribunnews.com

Lima Maskapai Ajukan Extra Flight dari Solo ke Bandara Soekarno-Hatta – tribunnews.com

“Kelima maskapai yang mengajukan jadwal extra flight di antaranya Citilink, , dan NAM Air yang masing-masing dua jadwal untuk rute pulang-pergi (PP), serta Lion Air dan dengan empat jadwal untuk dua kali perjalanan PP setiap hari,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman. “Penambahan jadwal penerbangan dimulai 16 Juni atau sekitar 10 hari menjelang Lebaran hingga sepekan setelah Lebaran atau tanggal 2 Juli.”

Usman menambahkan, untuk Lebaran tahun ini, pihaknya memprediksi ada kenaikan jumlah penumpang sebesar 10 persen dibandingkan Lebaran tahun 2016 lalu. Pasalnya, jumlah extra flight yang diajukan pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. “Tahun 2016 lalu hanya dua maskapai yang menambah jadwal penerbangan,” sambung Usman.

”Selain tambahan jadwal penerbangan, ada pula penggantian pesawat lebih besar untuk mengangkut lebih banyak lagi penumpang,” imbuh Usman. “Penggantian pesawat dilakukan Garuda Indonesia yang memilih mengganti jenis pesawat dari narrow body, yakni Boeing 737 berkapasitas 162 kursi menjadi Airbus A330 berkapasitas 360 kursi.”

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Branch Office Solo, Ary Wijoseno, secara terpisah menuturkan bahwa Solo menjadi salah satu dari sembilan rute yang akan ada penambahan kursi selama masa angkutan Lebaran. Ia mengaku bahwa pihaknya telah mengajukan penerbangan tambahan. “Meski sudah mendapat lampu hijau dan giliran waktu dari Bandara Solo, namun kami masih menunggu slot time dari Jakarta,” katanya.