Libur Natal 2016, Penumpang di Bandara Soetta Naik Hingga 9 Persen

TANGERANG – Jumlah di pada musim liburan 2016 ini rata-rata meningkat enam hingga sembilan persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tren peningkatan penumpang tersebut sudah terjadi sejak tujuh hari sebelum , yaitu pada tanggal 18 Desember 2016.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta - id.wikipedia.org

Bandara Internasional Soekarno-Hatta – id.wikipedia.org

Pada tanggal tersebut, jumlah penumpang dengan tujuan keberangkatan naik sekitar 4,5 persen dibandingkan tahun 2015 lalu. Sementara, jumlah penumpang pesawat internasional melonjak hingga 15,1 persen.

Sementara, tren tertinggi dalam rentang tujuh hari ini adalah pada tanggal 20 Desember 2016 atau lima hari menjelang Natal. Saat itu, jumlah penumpang domestik tercatat sebesar 81.981 orang atau naik 9,6 persen. Adapun jumlah penumpang internasional pada hari yang sama, tercatat 26.192 orang atau meningkat 16,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kami memperkirakan, jumlah penumpang yang pergi dan tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta akan terus bertambah selama beberapa hari ke depan,” tutur Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho. “Untuk arus balik, diperkirakan jatuh pada dua hari setelah Tahun Baru, yaitu tanggal 3 Januari 2017.”

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta telah menyiapkan sarana dan prasarana guna menunjang 1.496 penerbangan tambahan. Beberapa fasilitas pendukung yang telah disediakan PT Angkasa Pura II adalah penambahan kapasitas parkir, ketersediaan taksi dan bus, petugas ground handling, hingga self-service check-in kiosk dan penambahan personel AVSEC, TNI, dan Polri.