Libur Idul Adha, Jumlah Penumpang Bandara Soetta Melonjak 12%

– PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi akan ada lonjakan pesawat sekitar 10-12% selama liburan panjang di Soekarno Hatta, , Tangerang, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

ilustrasi - okezone.com

Penumpang di Bandara Soekarno Hatta – okezone.com

“Lonjakan penumpang akan terjadi dari hari Jumat, 9 September, hingga hari Senin, 12 September mendatang,” kata Plt President Director PT AP II (Persero), Djoko Murjatmodjo, Jumat (9/9).

“Total pergerakan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hari ini (Jumat) diperkirakan akan mencapai 138.989 penumpang dengan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 947 pesawat,” imbuh Djoko.

Pada Sabtu dan Minggu diperkirakan juga akan terjadi lonjakan jumlah penumpang, masing-masing sebesar 131.619 orang dan 116.959 orang. “Namun pada hari Senin, pergerakan penumpang sudah menurun hingga menjadi 111.302 penumpang,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi tingginya pertambahan penumpang di akhir pekan ini, Djoko mengungkapkan jika beberapa maskapai sudah mengajukan penambahan slot . Misalnya saja maskapai Sriwijaya Air mengajukan extra flight untuk tujuan Bali dan Tanjung Karang, masing-masing sebanyak 2 extra flight.

Selain itu, pihak AP II sebagai pengelola 13 bandara di kawasan barat Indonesia juga akan menyiagakan sejumlah personel TNI untuk mengjaga keamanan di area bandara. “ (Persero) juga telah bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menempatkan 395 personel TNI untuk menjaga keamanan bandara,” tegas Djoko.