Di Terminal Berapa Letak Maskapai Citilink di Bandara Soekarno-Hatta?

bisa dibilang sebagai bandar udara terbesar di Indonesia. Bandara ini terletak di Cengkareng, Tangerang dan sudah beroperasi sejak 1985 menggantikan Bandara Kemayoran di Jakarta Pusat dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Maskapai Citilink - getlostmagz.com

– getlostmagz.com

Sebagai bandara terbesar di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta tentunya telah didukung dengan fasilitas lengkap, salah satunya terminal. Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga terminal utama, yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3. Terminal 3 baru resmi dibuka untuk umum pada tahun 2016 lalu.

Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta digunakan untuk melayani semua domestik, kecuali yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia. Sementara, Terminal 2 melayani internasional dan juga domestik dari berbagai maskapai. Tak ketinggalan, Terminal 3 dikhususkan bagi internasional maskapai yang tergabung dalam Skyteam dan juga domestik dari Garuda Indonesia.

Setiap bangunan terminal dibagi menjadi beberapa concourse. Terminal 1A, 1B, dan 1C kebanyakan digunakan untuk penerbangan domestik maskapai lokal, sedangkan Terminal 2D dan 2E digunakan untuk melayani semua penerbangan internasional maskapai asing. Adapun Terminal 2F, digunakan untuk melayani penerbangan internasional maskapai lokal.

Sebagai salah satu maskapai penerbangan domestik, Citilink juga memanfaatkan layanan terminal domestik Bandara Soekarno-Hatta. Citilink sendiri merupakan anak perusahaan dari maskapai penerbangan nasional terbesar Indonesia, Garuda Indonesia. PT Citilink Indonesia mulai dibentuk pada awal tahun 2009 dan baru berkembang pesat di awal tahun 2011.

Namun, berbeda dengan Garuda Indonesia yang hanya menyediakan jasa layanan penerbangan kelas premium, Citilink justru tampil sebagai maskapai low cost yang menyasar konsumen dari kalangan menengah ke bawah. Saat ini, Citilink mengoperasikan sekitar 50 buah pesawat Airbus yang meliputi tipe A320-200 (45 unit) dan Airbus A320neo 5 unit.

Di Bandara Soekarno-Hatta sendiri, Citilink biasanya beroperasi di Terminal 1C bersama dengan maskapai seperti Batik Air, Trigana Air, dan KalStar untuk melayani penerbangan khusus rute domestik. Dari Cengkareng, Citilink membuka rute domestik ke beberapa daerah di Indonesia seperti Tanjung Pandan, Pangkalpinang, Bengkulu, Surabaya, Batam, Balikpapan, Pekanbaru, Banjarmasin, Jambi, Padang, Makassar, Denpasar Bali, Kuala Namu, Lombok Praya, Palangkaraya, Semarang, Palembang, Pontianak, dan Kupang.

Selain rute domestik, Citilink juga mengoperasikan rute internasional ke luar negeri seperti penerbangan umrah dan haji ke Jeddah. Khusus penerbangan internasional Citilink dilayani di Terminal 2D dan 2E. Bahkan kabarnya tahun 2018 ini seluruh penerbangan maskapai Citilink dari Terminal 1C akan dipindahkan ke Terminal 2. Namun masih belum dipastikan akan menggunakan Terminal 2D atau 2E saja.