Kloter Pertama Jamaah Haji Jakarta Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta

TANGERANG – Rombongan haji asal Indonesia mulai pulang ke Tanah Air setelah menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci Mekah. Sabtu (17/8) malam kemarin, kelompok terbang (kloter) pertama debarkasi mendarat dengan selamat di Internasional , menumpang pesawat milik Saudi Arabia Airlines dengan nomor SV5606.

Jamaah Haji tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Jamaah Haji tiba di Bandara Soekarno-Hatta – okezone.com

Dikutip dari CNN Indonesia, kloter pertama jamaah haji mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu malam pukul 22.15 WIB. Kedatangan jamaah haji ini sedikit terlambat dari semula sekitar pukul 21.50 WIB. Meski demikian, seluruh jamaah haji pulang ke Tanah Air dalam keadaan selamat.

“Malam ini kloter pertama penerbangan Saudi Arabia SV5606 jadwal pukul 22.15, tiba 410 penumpang,” ujar Kepala Seksi Angkutan Udara Otoritas Bandara Wilayah I, Jeppi Irawan. “Kami sudah menurunkan sejumlah personel, seperti inspektur keamanan penerbangan, inspektur angkutan udara, dan inspektur kelaikan pesawat udara.”

Setelah tiba di Indonesia, Jeppi mengimbau para jamaah haji untuk memeriksakan kesehatan mereka melalui Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jamaah Haji apabila ada gejala demam dan flu dalam waktu dua minggu. Jamaah juga dicek dengan pengukur suhu tubuh otomatis sebagai informasi awal kondisi mereka saat kepulangan.

Menurut Petugas Kantor kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Imam Sjahbandi, virus yang diwaspadai adalah virus korona yang menyebabkan flu unta. Ia menjelaskan bahwa flu unta ini tidak seperti flu burung yang hanya menular dari hewan ke hewan, tetapi juga bisa menular dari manusia ke manusia.

Kedatangan jamaah haji sendiri bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Para jamaah haji pun membawa bendera merah putih ukuran kecil yang sengaja dibagikan oleh petugas. Meski lelah karena harus menempuh perjalanan yang jauh, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia.

Di sisi lain, Direktur Utama Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya secara optimal dalam mempersiapkan kedatangan angkutan haji tahun ini dengan sebaik-baiknya. Selama masa angkutan haji, semua pesawat yang digunakan melayani angkutan haji akan dilakukan ramp check untuk memastikan bahwa kondisinya laik.