Dukung PPKM, KA Bandara Soekarno-Hatta Berhenti Beroperasi Sampai Akhir Juli 2021

– PT Api Indonesia (KAI) melalui anak perusahaannya, PT Railink, memutuskan untuk menghentikan sementara operasional dan KA Kualanamu Medan mulai kemarin, Rabu (21/7) sampai akhir Juli 2021 mendatang. Penghentian operasi KA Soetta dan Kualanamu ini rupanya sengaja dilakukan untuk mendukung kebijakan PPKM Darurat pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19.

Anggoro Triwibowo, Plt Direktur Utama PT Railink - www.kabarpenumpang.com

Anggoro Triwibowo, Plt Direktur Utama PT Railink – www.kabarpenumpang.com

“#Railfriends, @kabandararailink akan menghentikan sementara operasional KAI Bandara Soekarno – Hatta, Jakarta dan KAI Bandara Kualanamu, Medan, pada tanggal 21 -31 Juli 2021. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran corona virus disease #Covid-19 di Indonesia,” demikian bunyi pengumuman dari akun @KeretaApiKita, akun resmi PT KAI.

Namun demikian, calon KA Bandara Railink yang sudah terlanjur membeli kereta pun tak perlu gelisah karena bisa melakukan pengembalian 100% di luar bea pemesanan. Cara mengajukan refund atau pengembalian dana pun cukup mudah, yakni hanya dengan melampirkan bukti dan bukti transaksi ke email [email protected] “Yuk bepergian dengan bijak dan jika memang sangat mendesak!” tegas pihak KAI.

Ketika dikonfirmasi, JM Corporate Communication Railink Diah Suryandari membenarkan kabar mengenai penghentian sementara operasional kereta bandara. Hal yang sama juga disampaikan Plt Direktur Utama PT Railink Anggoro Triwibowo.

“PT Railink akan berhenti beroperasi sementara mulai tanggal 21 hingga 31 Juli 2021. Hal ini sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menekan persebaran dan peningkatan penularan Covid-19. KAI Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan KAI Bandara Kualanamu Medan direncanakan beroperasi kembali pada tanggal 1 Agustus 2021,” jelas Anggoro, seperti dilansir Okezone.

Sebagai informasi, KA Bandara Soetta telah beroperasi untuk umum sejak tanggal 26 Desember 2017 lalu. Pada tahap awal operasional, KA Bandara Soekarno-Hatta hanya melayani naik turun penumpang di Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Sayangnya, selama pandemi layanan tersebut termasuk yang terdampak oleh kebijakan pembatasan sosial.

Masyarakat yang ingin memperoleh informasi terbaru mengenai kereta bandara dapat memantau lewat situs resmi PT Railink, yakni www.railink.co.id atau di media sosial @kabandara, FB @KABandaraRailink, Twitter @RailinkARS.