Jumlah Penumpang KA Bandara Soetta dari Stasiun Manggarai Tembus 500 Orang

Jakarta – Setelah resmi beroperasi dari Manggarai pada Sabtu (5/10) lalu, Api (KA) dari Stasiun Manggarai dilaporkan mencapai 500 orang per hari. PT Railink selaku pihak operator KA mengungkapkan bahwa penumpang KA Bandara Soetta pada hari pertama pengoperasian mencapai 527 orang.

Loby barat Stasiun Manggarai

Loby barat Stasiun Manggarai, pintu masuk khusus bagi penumpang kereta Bandara Soekarno-Hatta – www.antaranews.com

“Respons penumpang cukup bagus, kalau dilihat dari jumlah penumpang mencapai 500 orang di hari pertama operasional,” ujar Wakil Kepala Stasiun Manggarai, Nurcholis di Stasiun Manggarai, Selasa (8/10), seperti dilansir Antara.

Kemudian pada hari kedua, yakni Minggu (6/10), jumlah penumpang KA Bandara dari Stasiun Manggarai mencapai 591 orang dan pada Senin (7/10) mencapai 448 orang. Lebih lanjut Nurcholis menuturkan, KA Bandara memprioritaskan melayani penumpang yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta, namun juga sangat terbuka untuk pengguna kereta lain yang akan ke Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper.

Per tanggal 6 Oktober 2019 jumlah penumpang turun di Stasiun Batu Ceper mencapai 105 orang, di Stasiun Duri sebanyak 12 orang, dan di Sudirman Baru jumlahnya 14 orang. Kemudian tanggal 7 Oktober 2019 jumlah penumpang kereta bandara yang turun di Stasiun Batu Ceper jumlahnya 108 orang, Stasiun Duri 3 orang, dan Stasiun Sudirman Baru sebanyak 8 orang.

“Kami mencoba memberikan pilihan bagi masyarakat pengguna kereta untuk mencoba alternatif lain selain KRL commuter line untuk ke Duri, Sudirman Baru maupun ke Batu Ceper,” jelas Nurcholis.

Tak hanya KRL, para penumpang pun dapat naik KA Bandara untuk turun di Stasiun Sudirman dengan tarif lebih terjangkau, yaitu Rp10 ribu selama masa promosi yang berlaku hingga akhir bulan Oktober 2019. Sementara itu untuk ke Stasiun Duri dikenai harga tiket Rp15 ribu dari harga normal Rp35 ribu.

Para pengguna KA Bandara yang hendak ke Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Duri pun berkesempatan untuk dapat menikmati perjalanan dengan tempat duduk eksekutif. “Kalau naik KRL mungkin mereka akan berdiri, dengan KA Bandara ada pilihan untuk menikmati perjalanan kereta eksekutif ke Stasiun Sudirman maupun Duri,” tuturnya.

Adapun KA Bandara dengan rute Stasiun Manggarai – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dilayani mulai pukul 05.10 WIB hingga jam 21.40 WIB dengan frekuensi perjalanan setiap 30 menit sekali. Total terdapat 34 perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai. “KA Bandara di Stasiun Manggarai beroperasi setiap hari, keberangkatan paling pagi mulai pukul 05.10 WIB. Keberangkatan KA Bandara berikutnya tersedia di pukul 05.40 WIB, 06.10 WIB, 06.40 WIB, dan seterusnya,” tutupnya.