KA Bandara Soetta Beroperasi Kembali Mulai 1 Juli 2020

Jakarta – PT Railink akan mengoperasikan kembali (KA) mulai tanggal 1 Juli 2020 mendatang. Pihak Railink memastikan akan mengedepankan protokol kesehatan untuk petugas dan KA Bandara Soetta.

Diah Suryandari, Humas PT Railink - @RailinkARS

Diah Suryandari, Humas PT Railink – @RailinkARS

Saat beroperasi kembali kelak, KA Bandara Soetta akan beroperasi setiap 30 menit sekali. “Jadi nanti akan operasional 62 perjalanan dalam satu hari,” ujar Humas PT Railink, Diah Suryandari, Selasa (23/6), seperti dilansir Liputan6.

Akan tetapi, pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang hanya KA Bandara Soetta saja yang mulai beroperasi. Sedangkan untuk KA Bandara Kualanamu Medan masih belum dioperasikan oleh pihak Railink. Untuk menggunakan jasa KA Bandara Soetta, penumpang akan dikenai mulai Rp10.000 per orang.

Calon penumpang dapat membeli tiket KA Bandara lewat channel pembelian online seperti aplikasi Railink, Traveloka, Bukalapak, KAI Access, atau go show lewat vending machine atau point of sales (POS) yang ada di setiap stasiun. Selama masa new normal, Railink mengimbau para penumpang untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Salah satunya dengan memakai masker dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk stasiun (maksimal 37,3 derajat celsius). Railink pun akan memasang sekat pembatas antar kursi dalam kereta Bandara Soekarno-Hatta.

“Dengan penerapan protokol kesehatan new normal dan pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta, KA Bandara Railink akan memberikan pelayanan yang terbaik di masa new normal ini. Railink juga mengimbau penumpang pesawat udara agar memperhatikan jadwal serta waktu tempuh yang berlaku sementara ini untuk menghindari kemungkinan keterlambatan,” ungkapnya.

Sebelumnya, KA Bandara Soetta dan KA Bandara Kualanamu berhenti beroperasi sejak 12 April 2020 lalu. PT Railink terpaksa menghentikan perjalanan KA Bandara sebagai dampak dari penyebaran virus corona (Covid-19) yang membuat jumlah penumpang mengalami penurunan cukup signifikan. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Kala itu, para penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket pun diperkenankan untuk melakukan pengembalian tiket atau refund 100% di luar bea pemesanan dengan menyertakan bukti tiket dan bukti transaksi ke email [email protected]