Keren! Dinding-Dinding Terminal 3 Bandara Soetta Dihiasi Mural

Jakarta merupakan salah satu gerbang masuk ke Indonesia. Oleh sebab itu Bandara Soetta terus membenahi diri agar semakin menciptakan rasa nyaman bagi para pengguna jasa, termasuk untuk urusan kecil seperti pernak-pernik dekorasi dalam area Bandara Soetta.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin - www.josstoday.com

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin – www.josstoday.com

Yang paling baru adalah coretan mural yang menghiasi dinding terminal kedatangan Bandara Soetta. Seni mural yang menghiasi dinding T3 pun bermacam-macam, mulai dari balon udara, astronot, hingga gambar robot. Bahkan di beberapa sudut juga menampakkan mural yang menjadi kamuflase dari Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di . Kamuflase dari mural tersebut semata-mata untuk mengurangi kesan seram dari alat pemadam kebakaran.

Seperti diketahui, APAR adalah salah satu unsur keselamatan yang harus ada di sejumlah tempat publik. Namun dengan perpaduan seni mural, keberadaan APAR di Terminal 3 Soetta justru menjadi hal unik yang menyedot perhatian wisatawan. Banyak penumpang pesawat yang baru mendarat langsung berfoto dengan menjadikan mural-mural tersebut sebagai latar belakang foto mereka.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin, tabung APAR sengaja dipasang di sejumlah lokasi untuk memenuhi persyaratan keamanan bangunan jika terjadi insiden ringan seperti kebakaran kecil. Agar tak terkesan kaku, tabung-tabung APAR di Bandara Soetta pun dikombinasikan dengan unsur seni.

“Kami berupaya agar perlengkapan keselamatan seperti halnya alat pemadam api ringan atau APAR tidak sekadar ditempatkan, namun bisa juga menjadi sesuatu yang menarik untuk dilihat sehingga membuat terminal penumpang lebih hidup,” kata Awaluddin, Rabu (4/10), seperti dilansir Liputan 6.

Sejak awal pembangunannya, Terminal 3 Bandara Soetta memang telah menggunakan berbagai unsur seni. “Seni ini merupakan bagian dari upaya membuat bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai tempat yang menyenangkan bagi para turis maupun wisatawan domestik, selain tentunya fasilitas-fasilitas lain yang memang ada demi meningkatkan pelayanan,” jelas Awaluddin.

Selain mural, dalam waktu dekat ini Bandara Soetta juga akan dilengkapi fasilitas kereta api bandara dengan rute Stasiun Manggarai hingga Stasiun Bandara Soetta pada November 2017 mendatang. Rangkaian kereta Bandara Soetta tersebut memiliki interior layaknya kelas eksekutif dengan kursi untuk 2 orang yang seluruhnya menghadap depan meski bagian tengah saling berhadapan. Kemudian kursi kereta tersebut bisa diatur sendiri kemiringannya, serta tersedia pula charging port USB di antara kursi penumpang.