Kemenhub Ramp Check di Bandara Soekarno-Hatta, 575 Pesawat Laik Terbang

Tangerang – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo memeriksa kelaikan (ramp check) di , Cengkareng, Tangerang pada Rabu (21/12) kemarin. Setidaknya ada 575 pesawat yang telah diperiksa oleh Dirjen Perhubungan Udara untuk musim dan Tahun Baru 2017.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo - www.deliknews.com

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo – www.deliknews.com

Lebih lanjut Suprasetyo mengungkapkan jika ramp check pesawat telah dilaksanakan dari tanggal 1 November 2016 lalu di 35 bandara. Dalam jangka waktu tersebut, Kemenhub sudah memeriksa sekitar 2.031 kali.

“Ini semua penerbangan diperiksa. Ini juga bagian dari pemeriksaan rutin yang kami lakukan. Ini kelanjutan ramp check yang kami lakukan sebelumnya. Kami periksa pesawat tidak secara random, tetapi kami periksa semuanya,” kata Suprasetyo di Terminal 2F Bandara Soetta, Rabu (21/12).

Dalam pemeriksaan tersebut terdapat sejumlah aspek pesawat yang diperiksa, yakni mesin pesawat, ruang cockpit, serta kondisi kabin dan cockpit di pesawat. Di samping itu, dokumen awak pesawat juga diperiksa. Pihak Kemenhub sendiri hanya menemukan kerusakan minor pada pesawat seperti sumbu baut yang kurang kencang dan cat bodi pesawat yang mengelupas. Akan tetapi menurut Suprasetyo temuan itu tak mempengaruhi keselamatan penerbangan.

Pihaknya pun melakukan tes urine pada seluruh kru awak pesawat untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba oleh kru awak pesawat. “Dari 3.593 orang kami periksa, hasilnya semua negatif,” tegas Suprasetyo.

Ia mengimbau para calon penumpang pesawat untuk datang 2 jam sebelum jadwal penerbangan. Hal ini sangat dianjurkan supaya meminimalisir terjadinya keterlambatan penerbangan dari jadwal yang telah ditentukan.