Kemenhub Lakukan Ramp Check di Bandara Soekarno Hatta

Jakarta melalui Kementerian Perhubungan melakukan pemeriksaan kesiapan terminal dan secara acak (ramp check) di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang pada Sabtu (10/9). Ramp check sengaja dilaksanakan sebagai antisipasi terjadinya kenaikan jumlah saat arus mudik Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo - www.deliknews.com

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo – www.deliknews.com

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo dan para stafnya melakukan pemeriksaan di Bandara Soetta pada pukul 10.00 WIB. “Dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang saat peak season liburan Idul Adha,” ujarnya, Sabtu (10/9).

Ramp check dilakukan untuk memeriksa kelayakan dan keselamatan pesawat serta , apakah telah memenuhi standar operasional atau belum. Suprasetyo menjelaskan jika pihaknya sudah memeriksa 171 pesawat udara milik 13 maskapai dari tanggal 8 September 2016 lalu dan dinyatakan laik terbang. Pemeriksaan dilaksanakan di 10 lokasi yang tersebar di Bandara Soetta, Halim Perdanakusuma, dan Bandung.

“‎Untuk hari ini (Sabtu) saja kita memeriksa 25 pesawat di Halim dan Soetta. Total yang diperiksa sejak 8 September sampai 10 September sekitar 171 pesawat. Itu tersebar di 10 lokasi kantor otoritas bandara, di Halim, Soetta, dan Bandung. Karena di Bandung ini kan otoritasnya jadi satu dengan kantor otoritas wilayah 1,” ujarnya di Terminal 2 Soetta, Jakarta.

Berdasar ramp check yang telah dilakukan, tidak ada kerusakan parah yang ditemukan olehnya. Suprasetyo hanya menemukan salah satu lampu di kabin pesawat yang padam dan cat di beberapa hidung pesawat mulai memudar.

“Karena mungkin kena terpaan angin. Itu tidak masalah dan tidak mempengaruhi keselamatan penerbangan,” lanjutnya.

Direktur Kelaikan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Mohammad Alwi mengatakan jika pihaknya selama ini mengecek masing-masing pesawat satu kali tiap hari. Tetapi bila kondisi memungkinkan, pihaknya juga mengecek hingga beberapa kali.

“Karena sistem safety setiap saat bisa berubah. Namun sistem yang ada dalam aspek maintenance kita itu boleh any time dilakukan pemeriksaan dan tersedia engineer di lapangan,” ucapnya.

Untuk antisipasi lonjakan penumpang selama musim liburan ini, Kemenhub akan melakukan ramp check sampai tanggal 12 September 2016. Jumlah pesawat yang akan diperiksa sampai 12 September depan sekitar 220 unit.

“Sampai tanggal 12 diperkirakan 220 pesawat. Tapi dipastikan transportasi udara itu lebih aman dan lebih nyaman,” tutupnya.