Program CSR, AP II Bangun Kampung Airport di Dekat Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta – Melalui CSR (Corporate Social Responsibility), melakukan Kampung Airport yang berdampingan dengan , tepatnya berada di Kampung Rawalini, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Kampung Airport yang berdekatan dengan bandara Internasional Soekarno-Hatta

Kampung Airport yang berdekatan dengan Internasional – www.liputan6.com

Ketika memasuki area perkampungan itu, suasana kampung tampak sengaja dibuat warna-warni. Kemudian, sejumlah tempat atau lahan yang tadinya kumuh, rawa, atau tanah tidur, kini dibuat produktif. Kemudian, ada juga kebun toga (tanaman obat keluarga), bale dari bambu untuk English Club, serta hydroponic untuk menanam berbagai macam sayuran dan buah. Yang lebih menarik lagi, terdapat rumah yang difungsikan sebagai tempat kursus komputer untuk warga setempat, hingga pemberdayaan maggot untuk berbagai pakan ternak.

“Jadi kami ingin menjadikan perkampungan di dekat kawasan bandara ini adalah kampung yang mandiri, terlebih di tengah pandemi Covid-19, kami inginnya juga berketahanan pangan,” kata EGM Bandara Soekarno Hatta, Agus Haryadi, seperti dilansir Liputan6.

Selain menjadikan kampung produktif, di lokasi yang sama pun pihak Angkasa Pura II Bandara juga membedah 10 rumah warga yang sebelumnya dalam kondisi tidak layak huni. Agus menjelaskan, untuk bedah 1 rumah saja Angkasa Pura II mengucurkan dana hingga Rp78 juta. “Iya, ada 10 rumah, masing-masing rumah itu menghabiskan Rp78 juta. Program bedah rumah ini bukan kali ini saja, melainkan akan dilakukan secara bergilir dengan rumah-rumah tak layak huni lain di sekitar Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Agus.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kab. Tangerang Taufik Emil yang hadir untuk mewakili Bupati Tangerang memaparkan bahwa Bidang Perekonomian BAPPEDA mengusung konsep pemberdayaan masyarakat dalam konsep Kampung Tematik sebanyak 48 lokasi.

Kampung Tematik tersebut adalah hasil kolaborasi antara Pemkab Tangerang, Corporate Social Responsibility (CSR), Lembaga Penelitian dan Pengabdian, Kementerian Pusat, Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi, Alokasi Dana Desa, dan yang terutama adalah Swadaya Masyarakat. “Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas langkah yang dilakukan oleh Pihak Angkasa Pura II yang sudah memberikan CSR-nya berupa pembangunan kampung tematik (Kampung Airport),” tandas Taufik.