Optimalkan Stasiun Manggarai, KA Bandara Soetta Rute Bekasi Dihentikan

JAKARTA/BEKASI – Per Minggu, tanggal 8 September 2019, PT Railink, patungan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dan PT Angkasa Pura II, memutuskan untuk menghentikan perjalanan KA relasi Bekasi. Keputusan tersebut dilakukan sebagai upaya optimalisasi KA Bandara di Stasiun Manggarai.

Kereta Api Bandara Soekarno Hatta - finance.detik.com

Kereta Api Bandara Soekarno Hatta – finance.detik.com

“KA Bandara Soekarno-Hatta sudah berhenti melayani dari stasiun Bekasi per 8 September 2019,” ujar Corporate Communication PT Railink, Dyah Suryandari, dilansir CNN. “Penghentian untuk optimalisasi operasional KA Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Manggarai, yang akan menjadi integrasi dari berbagai moda, seperti KRL, KA Bandara, dan kereta jarak jauh, serta moda lain di sekitar.”

Dengan penghentian rute Bekasi, saat ini KA Bandara Soekarno-Hatta melayani operasional dari Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batuceper, dan Bandara Soekarno-Hatta. KA Bandara dari BNI City dan Stasiun Duri dipatok Rp40 ribu untuk satu kali perjalanan, sedangkan tarif untuk relasi Batuceper dibanderol Rp20 ribu.

Keputusan PT Railink tersebut sangat disayangkan masyarakat, terutama penumpang di Stasiun Kota Bekasi. Mereka pun meminta otoritas terkait untuk membuka kembali jalur kereta jurusan Stasiun Bekasi-Bandara Soekarno-Hatta karena mereka yang berangkat ke bandara membutuhkan ketepatan waktu dan KA Bandara ini dinilai cukup membantu.

“Penggunaan KA Bandara Soekarno-Hatta sangat membantu masyarakat Bekasi dan sekitarnya yang akan menuju pusat kota,” kata salah seorang warga Bekasi bernama Aline. “Bekasi ini ‘kan letaknya di ujung. Kalau naik kereta bandara misalnya dia mau ke Jakarta, sangat terbantu. Mereka tidak banyak transit, apalagi menunggu jadwal keberangkatan kereta jarak jauh dulu.”

KA Bandara Soekarno-Hatta relasi Bekasi ini diresmikan pada 19 Juni 2018 lalu. Jadwal keberangkatan setiap harinya dibagi menjadi empat, yakni pada pukul 10.05 WIB, 11.10 WIB, 13.13 WIB dan 14.11 WIB. Awalnya, harga tiket KA Bandara menuju Bekasi Rp60.000, kemudian menjadi Rp100.000 sekali perjalanan. Nah, pada Juli 2019, PT Railink memberikan hingga 50% menjadi Rp50.000.