KA Bandara Soetta Bakal Terintegrasi dengan Kereta Jarak Jauh dari Bandung

JAKARTA – Kabar gembira bagi Anda warga Bandung yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang melalui . Pasalnya, PT Railink dikabarkan sedang menggagas integrasi pembelian dengan kereta jarak jauh, seperti KA Argo Parahyangan dan KA Cirebon Ekspres.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta - finance.detik.com

Kereta Bandara Soekarno-Hatta – finance.detik.com

“Saat ini, kami bersama induk perusahaan, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), berencana melakukan integrasi tiket pembelian kereta Bandara Soekarno-Hatta dengan kereta jarak jauh,” tutur Direktur Operasi dan Teknik PT Railink, Purwanto Handry Nugroho, seperti dikutip Detik. “Karena kami bakal perpanjang rute sampai Bekasi, maka akan diintegrasikan juga untuk menyambung ke KA Argo Parahyangan dan KA Cirebon Ekspres sehingga teman-teman dari bandung dan Cirebon bisa terangkut.”

Dengan integrasi sistem tiket ini, Purwanto menambahkan, nantinya penumpang kereta jarak jauh hanya perlu membeli tiket satu kali. Nantinya, penumpang cuma perlu turun di Stasiun Bekasi dan langsung dilanjutkan ke Bandara Soekarno-Hatta. “Jadi, beli tiketnya satu saja, turun di Bekasi dan lanjur ke bandara,” lanjut Purwanto.

Selain menyambungkan kereta hingga ke Bandung dan Cirebon, akses ke Bandara Soekarno-Hatta juga bakal semakin mudah karena PT Angkasa Pura II dikabarkan sedang menggagas pembangunan jalan tol layang (elevated) dari Tomang. Usulan ini sendiri telah disampaikan kepada PT Jasa Marga dan juga PT Waskita Karya untuk diteruskan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Jadi, sekarang masih dalam kajian Kementerian PUPR, dan mereka nantinya yang menentukan apakah ini layak atau tidak,” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. “Memang lebih mahal, 1 km sekitar Rp300 miliar, tetapi proyek ini relatif lebih cepat karena tidak perlu membebaskan lahan sebab dibangun di atas Tol Sedyatomo.”

Sebenarnya, saat ini juga sedang dibangun jalan tol Kunciran-Cengkareng. PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) sebagai anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) tengah menyelesaikan proyek tersebut. Jika sudah rampung, ditargetkan akhir 2018, jalan tol sepanjang 14,19 km ini akan memudahkan pengendara menuju Bandara Soekarno-Hatta.