Jelang Asian Games 2018, Bandara Soetta Terus Poles Terminal 3 & 2

Tangerang – Ajang olahraga bergengsi Asian Games 2018 sudah semakin dekat. PT Angkasa Pura (AP) II pun terus berbenah untuk mempersiapkan diri menyambut Asian Games yang dilangsungkan pada bulan Agustus 2018 mendatang. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan mendekorasi Terminal 3 dengan sejumlah atribut dan maskot Asian Games 2018.

Yado Yarismano, Vice President of Corporate Communication PT AP II - deladeni.com

Yado Yarismano, Vice President of Corporate Communication PT AP II – deladeni.com

“Karena salah satu tugas kami adalah membranding Asian Games ini agar lebih menggaung,” kata Vice President of Corporate Communication PT AP II, Yado Yarismano, Kamis (10/5), seperti dilansir Kabar6.

Lebih lanjut Yado menjelaskan bahwa Terminal 3 dan hampir seluruh area Bandara Soetta, Tangerang, Banten kini telah dipasangi bermacam , tulisan, iklan, maskot, dan videotron bertema Asian Games 2018. “Target kami seluruh area bandara bernuansa Asian Games,” imbuh Yado.

Akan tetapi branding Asian Games 2018 akan lebih banyak dilakukan di Terminal 3 dan Bandara Soetta lantaran lebih banyak atlet dan kontingen Asian Games 2018 yang melewati kedua terminal tersebut. “Kami juga menyulap koridor dan 3 menjadi booth Asian Games,” tutur Yado.

PT AP II selaku pengelola Bandara Soetta memprediksi bahwa setidaknya akan ada lebih dari 20 ribu atlet dan kontingen dari negara-negara di Asia yang berdatangan secara bergelombang melalui Bandara Soetta selama perhelatan Asian Games 2018 berlangsung. Saat tiba di Bandara Soetta, para atlet dan delegasi tersebut akan dijemput dengan bus dan dibawa ke Wisma Atlet yang terletak di Kemayoran, Jakarta.

Tak hanya pihak AP II saja, promosi Asian Games 2018 juga gencar dilakukan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui media cetak, elektronik, radio, maupun dari dalam dan luar negeri. Promosi dilakukan sampai Juli 2018 atau menjelang opening ceremony. “Promosi dilakukan dengan melibatkan media-media besar dan terkemuka. Kami libatkan mereka itu baik di dalam maupun di luar negeri. Tujuannya agar gema penyelenggaraan Asian Games ini lebih kuat,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Minggu (6/5).

Inasgoc selaku panitia penyelenggara Asian Games 2018 menganggarkan Rp 165 miliar untuk biaya promosi Asian Games 2018. Jumlah tersebut mencakup 2,5% dari keseluruhan dana penyelenggaraan Asian Games 2018, yakni Rp 6,6 triliun. “Kami harus optimalkan semua potensi media untuk branding. Durasi waktu branding di media-media ini rata-rata sekitar 3 bulan. Untuk menjelang Asian Games saja. Ini merupakan upaya Kemenpar untuk menaikkan hegemoni multievent ini,” ungkap Arief.