Januari Tahun Depan, AirAsia Terbang Jakarta-Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – di Indonesia semakin menunjukkan ‘persaingan yang ketat’ dengan rencana membuka yang menghubungkan ibukota Jakarta dengan daerah-daerah di Tanah Air. Kabar paling baru menyebutkan bahwa maskapai bakal mengoperasikan penerbangan Jakarta-Aceh Utara pada tanggal 15 Januari 2018 mendatang.

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib - www.kanalaceh.com

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib – www.kanalaceh.com

“Maskapai AirAsia memang berencana membuka rute Lhokseumawe-Medan-Jakarta serta Lhokseumawe-Banda Aceh-Jakarta,” jelas Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, setelah bertemu dengan manajemen AirAsia, seperti dikutip Kompas. “Penerbangan tersebut rencananya akan menggunakan ATR dan dijadwalkan beroperasi tiga hari dalam seminggu.”

Muhammad Thaib menambahkan bahwa pada bulan Januari tahun depan, sebenarnya ada dua maskapai baru yang bakal masuk ke wilayah mereka, yaitu AirAsia dan Avia Star. Menurutnya, nanti dalam sepekan, tujuh hari akan dibagi berdua antara kedua maskapai tersebut. “Pembagian waktunya sedang kami diskusikan bersama,” sambung Muhammad Thaib.

“Dengan bertambahnya dua maskapai tersebut, akan semakin menambah opsi bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa penerbangan dari dan menuju Lhokseumawe. Saat ini, Bandara Malikussaleh sudah disinggahi Wings Air dan Garuda Indonesia,” imbuh Muhammad Thaib. “Akses udara ini penting untuk Aceh Utara dan kabupaten/kota di sekitarnya sehingga orang luar mudah datang karena ada pesawat kapan saja dan setiap hari.”

Sebelumnya, per tanggal 1 Desember 2017, Batik Air resmi mengoperasikan penerbangan dari Jakarta menuju Sumatera bagian utara, tepatnya ke Silangit. Penerbangan yang menghubungkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan Bandara Silangit tersebut dilayani maskapai ini satu kali setiap hari, dengan menggunakan pesawat tipe Airbus A320-200 yang mampu menampung 12 penumpang kelas bisnis dan 144 penumpang kelas ekonomi.

Penerbangan tersebut berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 09.35 WIB dan tiba di Bandara Silangit pukul 11.45 WIB. Sementara, rute sebaliknya bertolak pukul 12.00 WIB dan tiba di Cengkareng sekitar pukul 14.30 WIB. “Penerbangan ini dapat menjadi alternatif yang tepat untuk melakukan kunjungan bisnis maupun keluarga yang erat hubungannya dengan budaya daerah setempat,” ujar Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait.