JAConnexion Siap Antar Penumpang dari Bandara Soetta ke Hotel & Mall, Ini Rute & Tarifnya

Jakarta Budi Karya Sumadi meresmikan moda transportasi JAConnexion di , Tangerang, Banten pada Selasa (30/5) kemarin. JAConnexion sendiri adalah angkutan umum berupa bus dan minibus yang berangkat secara terjadwal dari hotel dan mall ke Bandara Soetta.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi - properti.kompas.com

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi – properti.kompas.com

“Upaya untuk mendorong penggunaan angkutan umum di wilayah Jabodetabek perlu terus kami lakukan mengingat pergerakan penduduk di wilayah Jabodetabek akan terus bertambah, terutama yang menuju ke airport,” ungkap Budi Karya.

Menurut Budi JAConnexion dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan dari Jakarta ke Bandara Soetta. “Saya menyambut baik. Karena JAConnexion ini mampu mengurai kemacetan,” tuturnya.

Untuk sementara JAConnexion memiliki 91 armada bus yang dikelola oleh 4 operator, antara lain Perum Damri, Blue Bird, dan Sinar Jaya di 20. Namun karena jumlah yang melalui Bandara Soetta mencapai 150 ribu per hari, maka Budi berharap para operator dapat menambah armada bus untuk melayani .

“Indikasi nya sangat mudah kita lihat apabila jumlah kendaraan pribadi yang parkir di area Bandara semakin banyak dan kemacetan lalu lintas pada ruas jalan dari dan ke Bandara semakin parah berarti potensi penumpang tersebut belum tergarap dengan baik,” ungkap Budi.

Jadwal keberangkatan JAConnexion bisa diketahui dengan mudah oleh para penumpang lewat aplikasi Moovit. Aplikasi tersebut memberi alternatif rute dan berbagai pilihan moda transportasi bagi penumpang. Bus JAConnexion dilengkapi fasilitas lengkap seperti televisi hingga WiFi gratis. Penumpang yang hendak ke hotel-hotel di Jabodetabek dikenai tarif Rp 15 ribu per orang, sedangkan untuk ke pusat perbelanjaan tarif promonya Rp 25 ribu per orang, dan kelak akan dikenai tarif normal Rp 50 ribu per orang.

Berikut ini daftar hotel dan mall yang dilayani oleh JAConnexion dalam tahap awal:

PT Big Bird Pusaka:
Hotel Borobudur- Hotel Alia-Hotel Luminor-Bandara Soetta.
Hotel Aryaduta-Hotel Sari Pan Pasific-Bandara Soetta.
Hotel Grand Cemara-Hotel Ibis Thamrin-Hotel Milenium-Bandara Soetta.
Hotel Sahid Jaya-Mall Grand Indonesia-Hotel Ascot-Bandara Soetta.

Perum Damri:
Hotel Amaris Thamrin City-Bandara Soetta.

PO Sinar Jaya:
Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang-Bandara Soetta.
Bogor Trade Mall-Bandara Soetta.

Perum PPD:
Mall Taman Anggrek-Bandara Soetta.
Mall Plaza Senayan-Bandara Soetta.
Mall ITC Cempaka Mas-Bandara Soetta.
Mall Kelapa Gading-Bandara Soetta.
ITC Tanah Abang-Bandara Soetta.