Istilah Dalam Bahasa Penerbangan yang Akrab dengan penumpang Pesawat

Bagi seorang penumpang yang kerap kali menggunakan jasa penerbangan tentunya akan sering mendengar -istilah asing dalam penerbangan. Mulai dari check-in, boarding, , takeoff, landing, semuanya pasti sudah akrab di telinga penumpang pesawat terbang. Hampir kesemuanya menggunakan istilah dalam bahasa , karena bahasa digunakan sebagai acuan bahasa di seluruh dunia.Arrival Bandara

Bagi Anda yang ingin menyelami tentang istilah-istilah dalam bahasa penerbangan, berikut kami rincikan beberapa diantaranya beserta dengan artinya :

Istilah Arti Istilah dalam Bahasa
Arrival Bagian kedatangan penumpang
Apron Lahan tempat parkir pesawat
Baggage (Bagasi) Barang bawaan penumpang
Boarding Istilah yang digunakan oleh penerbangan untuk mempersilahkan penumpangnya segera naik ke dalam pesawat
() Proses pemesanan tiket
Cabin Attendant Tim dalam kabin pesawat
Cabin Crew Pramugara atau Pramugari
Check-In Pedaftaran calon penumpang yang telah memiliki tiket sebelum keberangkatan, sekaligus untuk menentukan nomer kursi penumpang di atas pesawat.
Dangerous Goods Barang-barang yang termasuk dalam membahayakan keselamatan. Misalnya barang-barang yang berpotensi meledak.
Departure Lokasi asal keberangkatan pesawat
Destination Lokasi tujuan akhir penerbangan pesawat
Delay Istilah yang digunakan jika pesawat mengalami keterlambatan melebihi jam berangkat atau jam tiba melebihi waktu yang ditetapkan
Divert Pengalihan pendaratan (biasanya akibat cuaca buruk atau gangguan teknis).
E-Ticket Dokumen atau bukti pembayaran jasa perjalanan menggunakan pesawat terbang. Dokumen ini berisikan data-data penumpang, seperti nama lengkap, kota asal, jam keberangkatan, kota tujuan, jam tiba, asal, tujuan, nomer tiket, dan nominal uang yang harus dibayarkan oleh calon penumpang.
Landing Pendaratan pesawat
Over Baggage Istilah yang digunakan jika barang bawaan penumpang melebihi kapasitas maksimal. Biasanya, penumpang yang memebawa barang melebihi kapasitas maksimal bagasinya akan dikenakan tambahan biaya kompensasi.
Pax / Passenger Istilah yang digunakan untuk Penumpang pesawat udara
RON (Remain Over Night) Istilah yang digunakan untuk pesawat yang menginap di suatu Bandara
Runway Landasan yang digunakan pesawat untuk mengambil posisi saat hendak take off atau landing
Security Check Layanan pemeriksaan barang bawaan penumpang sebelum masuk atau keluar dari area bandara. Pemeriksaan ini menggunakan bantuan alat khusus untuk mendeteksi barang-barang yang mencurigakan.
Take Off Pesawat terbang meninggalkan landasan
Transit Istilah yang digunakan ketika pesawat harus singgah di bandara lain sebelum menuju ke bandara tujuannya.