Inspeksi Mendadak, Presiden Jokowi minta Terminal dan Runway Bandara Soetta ditambah

Tangerang – datang secara mendadak ke Soekarno Hatta, Tangerang, untuk menginspeksi Ultimate pada Rabu petang (11/5).

presiden joko widodo bandara soekarno hatta - nasional.kompas.com

presiden joko widodo bandara soekarno hatta – nasional.kompas.com

Presiden datang dengan mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna coklat. Tampak hadir pula Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi, serta Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo dalam kesempatan tersebut.

Presiden tampak senang dan mengapresiasi pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta. Meski begitu, Ia menyatakan bahwa operasional Bandara Soekarno Hatta belum optimal.

“Dari sisi kapasitas, memang bandara ini kurang, sangat kurang,” ujar Presiden Jokowi.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta pada Menteri BUMN untuk segera membangun terminal berikutnya, yakni dan seterusnya.

“Ini pun kalau sudah jadi tadi saya sudah langsung perintah ke Bu Menteri, harus sudah memikirkan lagi bangun selanjutnya. Sudah ada satu, sudah ada dua, ini ketiga, harus langsung menuju keempat,” lanjutnya.

Presiden Joko Widodo mengingatkan, perekonomian Indonesia akan tumbuh pesat di masa yang aka datang. Kebutuhan masyarakat terhadap rute penerbangan, baik dalam maupun luar negeri, tentu akan meningkat pula.

Selain mengenai penambahan terminal, Jokowi juga berpesan pada Menteri BUMN dan Direktur Utama Angkasa Pura II (AP II) untuk segera menambah landasan pacu bandara atau runway.

Runway sekarang ada dua. Tadi saya bilang ke Pak Dirut (Direktur Utama), tambah lagi. Saya juga sudah dibilangin saat ini sudah dalam proses pembebasan lahan,” pungkas Jokowi.