Inilah Lokasi dan Tarif Parkir Inap Kendaraan di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta

Di sejumlah bandar udara besar seperti Halim Perdanakusuma maupun , kendaraan memang sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, PT Angkasa Pura (AP) II menyediakan layanan inap di beberapa titik yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Parkir Inap di Bandara Soekarno-Hatta - metro.tempo.co

Parkir Inap di Bandara Soekarno-Hatta – metro.tempo.co

Setidaknya terdapat sejumlah titik parkir inap di Bandara Soetta, antara lain Parkir Inap 1 Timur yang ada di samping Tower LPPNPI yang kapasitasnya mencapai 488 lot kendaraan. Kemudian ada juga Parkir Inap 2 Barat yang terletak di depan Stasiun Kereta Bandara dengan kapasitas 347 lot, lalu Parkir Inap Tambahan Terminal 2 (T2) di dekat parkir Musholla yang mampu menampung hingga 162 lot kendaraan, dan yang terakhir Parkir Inap Tambahan Terminal 1 (T1) yang bertempat di bekas Pangkalan Damri dengan kapasitas 80 lot kendaraan.

“Dengan total lahan parkir sebanyak 1.077 lot dan waktu operasional parkir 24 jam, para penumpang tidak perlu khawatir akan ketersediaan lot parkir, dimana kami juga menyediakan Layanan Online Reservation Parkir Inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memudahkan pengguna jasa dalam memesan parkir inap sebelum tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Suriawan Wakan bulan Juni 2018 lalu, seperti dilansir Beritatrans.

Reservasi parkir inap kendaraan secara online di Bandara Soekarno-Hatta bisa dilakukan lewat aplikasi dalam versi Android, yakni ‘Parkir Inap Angkasa Pura II’ yang bisa didownload lewat Google Play. Selain itu akan tersedia pula aplikasi serupa untuk versi iOS di Apple Store. “Penumpang tidak perlu lagi khawatir tidak mendapat lahan parkir, cukup gunakan aplikasi yang telah kami sediakan untuk melakukan online reservation,” jelas Wakan.

Berdasarkan informasi dari situs resmi PT Angkasa Pura (AP) II selaku pihak pengelola Bandara Soekarno-Hatta, tarif atau biaya parkir inap di Bandara Soetta ditarik sebesar Rp 30 ribu untuk 4 jam pertama. Kemudian para pengguna jasa akan dikenai tarif progresif untuk penambahan jam parkir setiap 1 jam, yakni sebesar Rp 6.000 dengan mekanisme sistem pembayaran melalui e-payment yang bisa dilakukan lewat beberapa bank layaknya Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA.

Tarif parkir inap di Bandara Soetta tersebut diketahui telah mengalami kenaikan. Pada bulan Januari 2018 lalu biaya parkir inap untuk 4 jam pertama masih sebesar Rp 20 ribu, dan tiap jam berikutnya dikenai Rp 4.000.

Selain menggunakan lahan parkir di Bandara Soetta, para pengguna jasa juga banyak yang memanfaatkan fasilitas parkir di Soewarna Business Park yang terletak di seberang Cengkareng Golf Club. Dibandingkan parkir inap di Bandara Soetta, layanan parkir inap di SBP kabarnya lebih murah, yakni hanya Rp 4.000 per jam dan hanya untuk 15 jam per hari, sehingga untuk 9 jam parkir saja tak akan dikenai biaya, alias gratis.