Ingin Terbang Tanpa Antre Check-in? Begini Alur Check-in Mandiri di Bandara Soetta

Tangerang – Belum lama ini PT Angkasa Pura (AP) memperkenalkan baru yang bernama check in mandiri di . yang hanya membawa bagasi di dalam kabin kini tak perlu lagi mengantre untuk check in, sebab di Terminal 1C disediakan kiosk check in mandiri untuk memudahkan para pengguna jasa.

Senior General Manager Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan - www.airmagz.com

Senior General Manager Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan – www.airmagz.com

PT AP II menyediakan setidaknya 12 unit self chek in untuk penumpang Batik Air dan Citilink. Di samping itu, turut disiagakan pula personel bandara di lobi keberangkatan Terminal 1C yang bersedia memberi bantuan sekaligus asistensi mengenai layanan baru tersebut. Menurut Executive General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan, self check in kiosk ini adalah salah satu bentuk usaha AP II untuk meningkatkan layanan terhadap pengguna jasa.

“Kami optimistis baru ini akan mengurangi antrean di check-in counter yang juga berdampak kepada semakin mudah dan cepatnya proses keberangkatan bagi penumpang sehingga dapat berdampak juga pada on time performance bandara maupun maskapai,” jelas Suriawan, Jumat (10/11), seperti dilansir Detik.

Layanan self check-in kiosk ini tak bisa digunakan oleh penumpang hamil, membawa bayi, penumpang dengan pergerakan terbatas, penumpang dengan kebutuhan khusus, penumpang di bawah 16 tahun, penerbangan transfer internasional, dan jumlah penumpang lebih dari 9 dalam 1x pemesanan. Penumpang dengan kriteria tersebut dianjurkan untuk melakukan check-in seperti biasanya di check in counter.

Lalu, bagaimana alur untuk menggunakan fasilitas check in mandiri? Langkah pertama dengan mendatangi self check in counter, kemudian pada menu yang tersedia penumpang tinggal memilih maskapai, Batik Air atau Citilink. Kemudian tampil menu pilih bahasa. Lalu muncul tombol check in. Penumpang dapat memasukkan nama akhiran atau nama belakang, masukkan kode booking sampai nama penumpang muncul. Langkah terakhir cukup tekan tombol cetak atau print.

Usai mendapatkan boarding pass, penumpang tak perlu lagi masuk untuk mengantre di security check point (SCP 1) atau pemeriksaan X-ray di ruang keberangkatan. Penumpang bisa langsung ke anjungan atau Shopping Arcade di sebelah kanan dengan naik tangga atau menggunakan eskalator.

Selanjutnya penumpang menjalani pemeriksaan di security check point (SCP 1). Usai pemeriksaan awal, apabila jadwal penerbangan masih lama maka penumpang dapat menunggu dan bersantai di Shopping Arcade. Kemudian penumpang menjalani pemeriksaan X-ray kedua, dan menunggu flight di boarding lounge.