Informasi Pendaftaran dan Tes Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI Curug)

Tinggi Penerbangan Indonesia atau yang akrab disebut dengan kembali membuka untuk seleksi penerimaan Calon Taruna Baru (SIPENCANTAR) untuk tahun ajaran /2016. Melalui Badan Pengembangan SDM Perhubungan, STPI membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik Indonesia untuk mengikuti pendidikan guna pembentukan tenaga profesional yang diakui dalam skala nasional maupun internasional.Tes TPA STPI Curug 2014Pendaftaran STPI Curug dibuka mulai tanggal 30 Maret 2015 hingga 1 Juni 2015. Lalu, diikuti dengan Tes Potensi Akademik (TPA) yang akan rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2015. Bagi Anda yang tertarik lebih jauh tentang penting terkait dan aturan pendaftaran di STPI Curug untuk tahun akademik 2015/2016, berikut kami berikan informasinya,

Syarat Pendaftaran

  • WNI dengan usia maksimum 23 tahun terhitung pada bulan September 2015.
  • Belum menikah dan sangup untuk tidak menikah selama mengikuti masa pendidikan (dibuktikan dengan membuat surat pernyataan).
  • Sehat jasmani & Rohani, tidak cacat tubuh, tidak berkaca mata (atau alat bantu penglihatan lainnya), tidak memakai kawat gigi, tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  • Bertinggi badan minimal 160 cm untuk Pria dan 155 cm untuk wanita (Khusus untuk Program Penerbang ditambah 5 cm).
  • Mau dan mampu mentaati semua peraturan yang berlaku selama dalam pendidikan.

Tata Cara Pendaftaran

Untuk mengikuti pendaftaran, Peserta diharuskan datang sendiri ke Lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Peserta juga dapat mengakses melalui situs pendaftaran online yang telah disediakan oleh Institusi Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan masing-masing. Berikut urutan dan tata cara pendaftarannya,

  1. Mengisi Form Pendaftaran Online yang telah tersedia di laman http://sipencatar.stpicurug.ac.id/
  2. Melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp 150.000,- ke Rekening Bank BNI dengan Nomor Rekening 0019697465 atas nama “Bendahara Penerimaan SPPL STPI”
  3. Mengunggah (upload) Tanda Bukti Penerimaan, lalu Login pada situs web http://sipencatar.stpicurug.ac.id/ , klik konfirmasi pembayaran.
  4. Segera memverifikasikan bukti pembayaran pada panitia SIPENCANTAR, Maksimal 2×24 jam setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran.
  5. Mencetak Tanda nomor seleksi peserta tes, untuk mendapatkannya silakan Login pada laman web http://sipencatar.stpicurug.ac.id/, lalu klik “cetak tanda peserta”.

Selanjutnya peserta akan diharuskan mengikuti beberapa tahapan seleksi, diantaranya Seleksi Administrasi, Seleksi Potensi Akademik, Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes, dan tes Wawancara yang akan dilaksanakan di masing-masing lokasi pendaftaran. Seleksi ini terbagi menjadi 2 tahapan, yakni Tes TPA pada tahap 1 dan tes selanjutnya (Seleksi Psikotes, Kesamaptaan, Wawancara dan Kesehatan) pada tahap 2. Berikut diadakannya masing-masing tes seleksi :

  1. Tes Potensi akademik (TPA) diadakan pada tanggal 16 Juni 2015.
  2. Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest, dan Wawancara diadakan mulai tanggal 2 Juli hingga 15 Juli 2015.

Adapun biaya yang harus disiapkan pada saat tes adalah sebesar Rp 300.000,- untuk biaya Tes Potensi Akademik (TPA).Setelah semua pendaftar diseleksi, maka pengumuman kelulusan akan diadakan pada tanggal 5 Agustus 2015.