Indonesia Promosikan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta ke 34 Maskapai Malaysia

Jakarta , Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Kementerian Pariwisata, dan Dinas Budpar DKI mempromosikan dan pariwisata Indonesia pada 34 Malaysia. Nantinya pihak-pihak terkait akan memfasilitasi perwakilan 34 tersebut untuk mengunjungi Indonesia.

Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta - www.antaranews.com

Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta – www.antaranews.com

“Sejumlah 63 peserta, umumnya merupakan para station atau general manager yang tergabung dalam Airlines Operator Committee (AOC). Selain itu, AOC juga mencakup pejabat administratur Kuala Lumpur International Airlines (KLIA),” ujar juru bicara KBRI Kuala Lumpur di Jakarta, Jumat (5/5).

Kunjungan AOC ini sendiri dilaksanakan untuk memperkenalkan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta dan mempromosikan wisata Indonesia. “Garuda sebagai bagian AOC melihat masih kurangnya perkembangan jasa penerbangan Indonesia dan bandara, serta promosi wisata Indonesia bagi maskapai asing,” ujar Suherman, Station Manager Garuda Kuala Lumpur.

Menurut Candra Wiguna Alisufi, Sekretaris Kedua KBRI Kuala Lumpur , KBRI Kuala Lumpur juga mendukung upaya Garuda Indonesia untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Indonesia. Acara tersebut dikemas lewat penampilan budaya, pertemuan dengan aparatur Bandara Soetta dan Kemenpar, serta city tour di DKI Jakarta.

Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata, I Gede Pitana mengatakan jika pemerintah mendorong kerjasama 3A, yaitu airlines, authority, dan airport yang melibatkan lintas kementerian dan berbagai industri yang terkait. Sementara itu Chairman AOC KLIA, Mokhtar Bin Othman berharap supaya industri penerbangan bisa bekerjasama lebih erat ke depannya.

Dalam rangka meningkatkan konektivitas udara, pemerintah menyiapkan paket stimulus lewat percepatan izin rute baru, insentif biaya airport, dan joint promotion. “Untuk regular schedule flight, kami akan membuat promosi bersama dengan maskapai,” kata Judi Rifajantoro, Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Infrastruktur dan Aksesibilitas.

Pemerintah pun siap memberi incentive hardselling bagi pesawat charter dan agen perjalanan yang masuk ke Indonesia, terutama yang melalui rute baru. Pada Sabtu (6/5) para peserta pun akan dibawa berwisata belanja oleh Disbudpar DKI Jakarta ke Thamrin City dan Dekranasda Provinsi DKI yang menjual produk UKM lokal.