Imigrasi Siapkan 30 Automatic Gate di Bandara Soetta untuk Asian Games 2018

Tangerang Imigrasi Kelas I Khusus melakukan pengecekan pada 30 konter automatic gate di area kedatangan atau keberangkatan Bandara , Tangerang, Banten pada Selasa (22/5) lalu. Automatic gate atau gerbang otomatis tersebut nantinya akan dipakai oleh rombongan peserta Asian Games 2018 pada bulan Agustus mendatang.

Enang Syamsi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta - deladeni.com

Enang Syamsi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta – deladeni.com

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta, Enang Syamsi menjelaskan bahwa dengan menggunakan automatic gate, pengecekan hanya memakan waktu yang cukup singkat, 1 menit saja. “Supaya para rombongan cepat dan mudah, dalam artian tidak lama dalam pengecekan paspor, kami sediakan automatic gate yang hanya memakan waktu paling lama 1 menit. Ini untuk mengurai antrean juga,” jelas Enang, seperti dilansir Tribunnews.

Walau pihak Imigrasi Bandara Soetta telah menyediakan automatic gate, pihaknya memastikan jika kelak akan tetap menyiagakan petugas di lokasi automatic gate untuk membantu rombongan yang mungkin mengalami kendala atau kesulitan ketika menggunakan automatic gate. “Tetap ada petugas, kita sudah siap. Tinggal nanti pelaksanaannya saja. Saya cek tadi, sudah bagus hanya harus ada beberapa evaluasi teknis supaya lebih baik lagi,” papar Enang.

Selain menyiapkan fasilitas automatic gate untuk memudahkan pengecekan keimigrasian ketika perhelatan akbar Asian Games 2018, Imigrasi Bandara Soetta juga akan menambah jumlah personel yang berjaga selama acara pesta olahraga se-Asia tersebut. Jumlah petugas yang sebelumnya berjumlah 450 orang akan ditambah jadi 700 personel di Bandara Soetta. Tak ketinggalan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta memastikan untuk berkoordinasi dengan sejumlah kedutaan besar terkait kelancaran rombongan Asian Games 2018 yang hendak mendarat di Bandara Soetta.

Imigrasi Bandara Soetta setidaknya akan menambah 62 konter tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) di Terminal 3 Bandara Soetta. “Kami akan mengaktifkan konter tambahan di keberangkatan sebanyak 32 konter nanti full. Sementara di kedatangan ada 30 konter,” bebernya.

Enang pun memastikan menyiapkan konter khusus untuk peserta Asian Games dan officialnya. “Untuk memudahkan (atlet) kita akan siapkan konter khusus. Sehingga bagi mereka-mereka tidak ada lagi masalah karena memang konter untuk WN, 30 itu sudah bagus, oke punya,” tandas Enang.