Imigrasi Sediakan Konter Khusus Kontingen Asian Games 2018 di Bandara Soetta

Jakarta – Pada perhelatan akbar Asian Games 2018, Kantor Kelas I Khusus akan mempersiapkan konter khusus bagi atlet, panitia, dan ofisial Asian Games 2018. Disediakannya konter khusus tersebut untuk memudahkan mobilitas kontingen agar terhindar dari antrean panjang reguler yang biasanya terjadi di 2 dan 3 Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Deklarasi kesiapan Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombatta) untuk Asian Games 2018 - tribunnews.com

Deklarasi kesiapan Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombatta) untuk Asian Games 2018 – tribunnews.com

“Kami memberi kemudahan (untuk para kontingen) dengan adanya konter khusus. Kami pisahkan dengan penumpang reguler,” ucap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Enang Syamsi, Kamis (12/7), seperti dilansir Tempo.

Lebih lanjut Enang menuturkan bahwa pihaknya mempersiapkan sekitar 10 konter khusus guna menangani 45 negara peserta Asian Games 2018 untuk melengkapi 20 konter yang sudah ada untuk melayani penumpang biasa. “Bayangkan (jika tidak ada konter khusus) apabila 5 pesawat berdatangan bersamaan, dengan jumlah seluruhnya 1.500 orang. Ini bisa menyebabkan kebingungan untuk Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), mana penumpang reguler dan kontingen. Sehingga kami atur sedemikian rupa,” jelas Enang.

“Penanganan kepadatan serupa sudah teruji di musim ramai 2018 kemarin, dimana terdapat 1,5 juta penumpang dari H-8 sampai H+8 . Pasti nanti akan ada lima sampai enam yang datang langsung,” lanjut Enang.

Di samping itu, pihak Imigrasi Bandara juga akan menyiagakan 800 personel yang 30 petugas di antaranya ditugaskan sebagai Liaison Officer (LO). LO tersebut sengaja disiapkan untuk mempermudah komunikasi langsung dengan pihak Inasgoc atau panitia penyelenggara Asian Games 2018. “800 itu sudah cukup saya rasa, kalau kurang nanti akan kita tambahkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Mereka akan diberi tanda khusus yang langsung berhadapan dengan pihak Inasgoc,” kata Enang.

Meskipun disediakan konter khusus, pihak Imigrasi Bandara Soetta berjanji tak akan menganaktirikan penumpang reguler. “Kami ada win-win solution, karena tidak hanya menomorsatukan Inasgoc,” jelasnya. Seperti diketahui, Inasgoc sebelumnya telah mengungkapkan bahwa kelak akan ada sekitar 16.000 atlet dan ofisial Asian Games 2018 dari 45 negara yang telah mengonfirmasi akan berpartisipasi dalam pesta olahraga tersebut.