Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Jalur Prioritas untuk Kelompok Rentan Covid-19

Tangerang – Kantor Imigrasi bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menyiapkan satu atap khusus untuk kelompok rentan Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Romi Yudianto, Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta - www.jurnalkumham.com

Romi Yudianto, Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta – www.jurnalkumham.com

Menurut Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Romi Yudianto, jalur priority tersebut dipersiapkan untuk kelompok yang rentan terserang (Covid-19), seperti kelompok lanjut usia (lansia), ibu hamil, dan juga anak-anak. “Fasilitas layanan khusus ini telah dimulai sejak 24 November lalu dan responnya sangat luar biasa,” kata Romi, Selasa (15/12), seperti dilansir Tempo.

Lebih lanjut Romi menerangkan bahwa jalur prioritas layanan imigrasi tersebut disediakan sebagai salah satu terobosan dalam meminimalisir penyebaran Covid-19. Jalur prioritas untuk kelompok rentan tersebut ada di jalur kedatangan Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Setelah tiba di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Soetta, penumpang pesawat lansia, ibu hamil, dan anak-anak yang datang dari luar negeri akan diarahkan oleh petugas melewati jalur khusus.

Nantinya di jalur khusus tersebut disiapkan ruangan yang telah dilengkapi dengan puluhan kursi untuk duduk sembari menunggu proses pemeriksaan kesehatan oleh petugas KKP dan pemeriksaan paspor oleh petugas Imigrasi. Di ruangan itu pula nantinya penumpang diarahkan ke jalur prioritas untuk menjalani pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran suhu badan sampai proses rapid test yang dilakukan oleh petugas KKP.

Usai pemeriksaan kesehatan selesai, penumpang akan berjalan ke counter Imigrasi yang terdapat dalam ruangan itu dan kemudian dapat langsung berjalan keluar bandara. Romi mengungkapkan bahwa layanan satu atap jalur prioritas di Bandara Soekarno-Hatta itu bisa melayani ratusan penumpang sekaligus. Dengan demikian, penumpang tak perlu antre bersama penumpang umum lainnya.

Layanan jalur prioritas ini disediakan untuk mengurangi antrean masuk penumpang dari luar negeri. “Selain itu langkah ini bisa mencegah penularan Covid-19 khusus penumpang dari luar negeri yang cukup rentan,” paparnya.

Tak hanya jalur prioritas untuk kelompok rentan Covid-19, Imigrasi Soekarno-Hatta juga mempersiapkan 2 counter imigrasi khusus untuk pekerja imigran. “Counter khusus bagi pekerja imigran ini rencananya akan diresmikan pak Presiden Jokowi 18 Desember mendatang,” tutup Romi.