Bandara Tutup Saat Idul Adha, Penerbangan Jakarta-Aceh Tertunda

JAKARTA/BANDA ACEH – Sejumlah ke Aceh kemungkinan akan tertunda sehubungan dengan Keputusan Bupati Aceh Besar yang melarang Sultan Iskandar Muda (SIM) beroperasi pada Hari Raya Idul Adha mendatang. Rute-rute penerbangan yang mungkin mengalami penundaan termasuk dari Jakarta ( Internasional ) serta dari Malaysia.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta - id.wikipedia.org

Bandara Internasional Soekarno-Hatta – id.wikipedia.org

Seperti diketahui, Lion Air saat ini memiliki beberapa penerbangan dari dan menuju Bandara Sultan Iskandar Muda. Dua penerbangan adalah relasi Medan-Aceh, sedangkan satu rute lainnya adalah Aceh-Jakarta via Bandara Soekarno-Hatta. Sementara, Batik Air juga satu jadwal penerbangan Aceh-Jakarta PP, sedangkan Malindo Air melayani rute Aceh-Penang Malaysia.

“Kami akan mengikuti aturan tersebut, yaitu soal operasional di jam tertentu saat Idul Adha dan Idul Fitri menuju Aceh Besar melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dilansir Tempo. “Selama ini, kami juga mengikuti sesuai aturan yang sudah disepakati. Contohnya imbauan menggunakan jilbab bagi pramugari.”

Berdasarkan jadwal harian maskapai yang bernaung di bawah Lion Air Group yang tertera di situs resminya, imbauan pembatasan waktu pengoperasian setidaknya akan mengubah jadwal tiga penerbangan, baik yang terbang dari dan menuju Bandara SIM. Pertama, penerbangan Lion Air rute Bandara SIM-Medan-Jakarta pada pukul 6 pagi. Lalu, penerbangan Batik Air dari Jakarta menuju Bandara SIM pada pukul 07.45 hingga 10.35 (landing). Terakhir, penerbangan Batik Air dari Bandara SIM menuju Jakarta yang terbang pada pukul 11.15 WIB.

Sementara itu, General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda, Yos Suwagiono, memastikan bakal ada dua penerbangan yang tertunda apabila permohonan penutupan bandara ketika Idul Fitri dan Idul Adha dikabulkan Kementerian Perhubungan. Karena permintaan penutupan pada pukul 00.00 hingga 12.00 WIB, maka ada dua jam penerbangan kedatangan maskapai AirAsia dan Citilink yang mungkin tertunda.