Hujan Deras, Apron Terminal 3 Bandara Soetta Tergenang Air Setinggi 20 Cm

Jakarta – Ketika hujan deras mengguyur Tangerang Selasa (13/6) lalu rupanya membuat area parkir di turut terendam air. Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) II, Agus Haryadi, genangan air ini terjadi lantaran tengah banyak yang dikerjakan di Bandara Soetta.

Hujan Deras, Bandara Soetta Tergenang Air Setinggi 20 Cm - news.detik.com

Hujan Deras, Bandara Soetta Tergenang Air Setinggi 20 Cm – news.detik.com

“Kondisi Cengkareng yang tergenang air, kemungkinan karena banyaknya proyek-proyek konstruksi yang tengah dilakukan Bandara Soetta. Sehingga ada kemungkinan titik-titik drainase mengalami gangguan atau tersumbat dan tidak lancar,” tutur Agus seperti dilansir Detik.

Agus mengungkapkan bahwa apron atau area parkir pesawat di Bandara Soetta mempunyai bidang yang landai dengan tingkat kemiringan antara 1-3 derajat. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya genangan air saat sedang hujan lebat. “Ini tidak biasa, air tidak mengalir dengan lancar,” jelasnya.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, terdapat air yang menggenangi apron hingga tingginya mencapai 20 cm saat hujan deras. “Kita sudah cek lapangan dan genangan hanya terjadi sesat di sekitar apron. Jadi sudah normal lagi, cuma memang tadi sempat terhambat buangan airnya saja. Tadi malam saat curah hujan tinggi, air justru mengalir lambat,” paparnya.

Sementara itu PT AP II mengungkapkan pihaknya telah melakukan evaluasi seluruh saluran di area Bandara Soetta. “Tim operasional kami akan melakukan pengecekan seluruh saluran air hari ini (Rabu). Mungkin saluran airnya kurang lancar,” ujar juru bicara PT AP II, Yado Yarismando.

Saat ini dilaporkan bahwa kondisi apron atau area parkir di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sudah kembali bersih. Saat hujan reda, genangan air di apron perlahan mulai surut dan lantai apron pun kembali dalam kondisi kering.