Desember 2019, Hotel Mewah di T3 Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi

JAKARTA – PT Angkasa Pura II mengharapkan pengoperasian mewah di area dapat dilakukan pada bulan Desember 2019 mendatang. penginapan ini sendiri menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing bandara dengan memberi fasilitas lengkap kepada para penumpang.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT AP II - www.merdeka.com

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT AP II – www.merdeka.com

“Rencananya kami akan buka hotel berbintang di Terminal 3 Internasional pada Desember 2019,” tutur Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, dilansir Bisnis. “Pengoperasian hotel berbintang di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta menjadi bukti keseriusan perusahaan untuk merambah bisnis properti.”

Diterangkan Awaluddin, saat ini mayoritas pendapatan PT Angkasa Pura II, atau sekitar 60 persen hingga 70 persen berasal dari aeronautika yang berkaitan dengan penerbangan, sedangkan sisanya berasal dari bisnis non-aeronautika. Hingga saat ini, perusahaan telah melakukan pengelolaan properti secara profesional terhadap sekitar lebih dari 10 gedung yang terletak di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Akomodasi mewah di Terminal 3 tersebut dibangun di atas lahan seluas 4.500 meter persegi dan terdiri atas tiga lantai, dengan total luas gedung mencapai sekitar 18.000 meter persegi. Nantinya, hotel ini akan dilengkapi dengan 147 unit kamar dan didukung dengan sejumlah fasilitas mewah, seperti ruang rapat atau pertemuan, restoran, spa, dan pusat kebugaran.

“Potensi bisnis untuk hotel bintang 4 di Bandara Soekarno-Hatta masih terbuka luas, seiring dengan jumlah penumpang pesawat harian yang mencapai 200.000 orang,” timpal EGM of Commercial Service Division PT Angkasa Pura II, Dorma Manalu. “Angkasa Pura II ingin mengambil ceruk di bisnis hotel bintang 4 ini, apalagi pilihan hotel bintang 4 sangat terbatas di sekitar bandara. Persiapan saat ini tengah dilakukan dan sejauh ini berjalan dengan lancar.”

Selain di area internasional, PT Angkasa Pura II juga berencana membuka hotel di T3 Domestik. Dengan investasi sebesar Rp300 miliar, perusahaan sudah menandatangani perjanjian pembangunan hotel dengan Kerja Sama Operasi (KSO) PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan Wika Gedung pada tanggal 2 Mei 2019 kemarin.

“Pembangunan hotel tersebut dilakukan di area T3 Domestik, tepatnya bersebelahan dengan gedung parkir. Hotel ditargetkan mulai dibuka dalam rangka soft opening pada 2020,” papar Awaluddin. “Hotel akan dibangun dengan 150 unit kamar. Nantinya, hotel dengan standar bintang 3 itu akan dijalankan oleh PT Hotel Indonesia Group.”