Heboh Bagasi Dicuri di Terminal 3 Bandara Soetta, PT AP II Bakal Tambah CCTV

Jakarta – Belum lama ini viral video yang menampakkan praktik pencurian di . Oleh sebab itu, selaku pengelola Bandara Soetta, PT Angkasa Pura (AP) II berencana untuk memperketat pengawasan bagasi di T3 Bandara Soetta, salah satunya dengan menambahkan jumlah CCTV.

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta - kumparan.com

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta – kumparan.com

Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Erwin Revianto mengakui bahwa sejumlah area Bandara Soetta tidak terdeteksi dengan CCTV dan tidak ada pencocokan nomor bagasi ketika keluar Terminal 3. Hal ini pula yang ditengarai menjadi penyebab terjadinya aksi pencurian bagasi di Terminal 3.

Lebih lanjut Erwin mengatakan bila kini area Bandara Soetta telah dilengkapi 1.900 CCTV termasuk area conveyor belt dan pengambilan bagasi sampai keluar Terminal. “Tapi setelah kejadian ini ternyata diketahui ada beberapa spot yang tidak terekam, dan ini akan kami perbaiki segera,” ucap Erwin, Kamis (23/5), seperti dilansir Tempo.

PT AP II menegaskan pihaknya akan menambah CCTV di area yang masih belum terdeteksi. Terlebih karena selama ini belum ada mekanisme pencocokan nomor bagasi ketika keluar dari Terminal 3. “Selain itu, teman-teman ground handling Gapura Angkasa juga melakukan pengecekan bagasi yang dibawa keluar oleh sesuai tidak dengan baggage tag yang mereka punya. Mekanisme ini merupakan kewenangan maskapai dan groundhandling,” ujarnya.

Belum lama ini beredar informasi tentang seorang pria yang mengaku kehilangan koper di pengambilan bagasi Terminal 3 Bandara Soetta usai terbang dari Denpasar, Bali dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia GA417. Kejadian berlangsung pada 12 Mei 2018 lalu. Pada rekaman CCTV tampak seorang pria berciri-ciri memakai kaus lengan panjang putih garis-garis dan celana pendek yang sedang mengambil 2 koper milik penumpang pesawat Garuda.

Atas kejadian kurang menyenangkan tersebut, pihak Bandara Soetta pun menyampaikan permohonan maafnya. Bahkan Bandara Soetta juga mengaku akan mengganti kerugian barang yang hilang pada pengguna jasa yang mengalami hal tersebut. “Kami dengan segala kerendahan hati meminta maaf atas ketidaknyamanan pelayanan kami. PT AP II akan mengevaluasi dan menginvestigasi sistem pengawasan terhadap barang bagasi yang keluar di area baggage claim,” beber Erwin.