Harga Tiket Pesawat Rute Jakarta-Padang Dipastikan Turun Jadi Rp 1 Juta

Budi Karya Sumadi memastikan jika harga tiket Padang- akan segera turun di level Rp 1 juta mulai pekan depan. Seperti diketahui, saat ini harga tiket pesawat -Padang mencapai Rp 2 juta. Oleh sebab itu Menhub akan mengadakan rapat dengan untuk membahas hal tersebut pada Senin (25/3) besok.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi – detik.com

“Iya sebetulnya kemarin kami di pusat sudah membahasnya, tapi rapat terputus. Senin depan saya rapat lagi. Nanti Pak Gubernur telpon saya. Saya sudah kasih nomor handphone Pak Gub ke Garuda. Setelah itu kita pastikan harga tiket pesawat untuk Jakarta – Padang itu Rp1 juta. Cuma nantinya akan ketentuan waktunya,” kata Budi di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Jumat (22/3), seperti dilansir Kumparan.

Lebih lanjut Budi menuturkan, harga tiket pesawat nantinya akan disesuaikan dengan penerbangan. Jadi pada penerbangan pagi misalnya, harga tiket pesawat tetap Rp 2 juta. Sedangkan pada penerbangan siang akan turun menjadi Rp 1 juta. “Jadi harus ada kombinasi, kalau tiket pagi mungkin boleh harga sekarang (lebih dari Rp 1 juta, red). Kalau siang harganya harus harga kompetitif. Kenapa ada ketentuan seperti itu, nah kejelasan pastinya akan ada setelah rapat Senin mendatang itu,” tutur Budi.

Budi mengakui, mahalnya harga tiket Jakarta-Padang dapat berdampak pada sektor di Sumatera Barat. Padahal pemerintah ingin meningkatkan sektor di Indonesia, termasuk Sumatera Barat. “Kita ingin dengan nantinya harga tiket pesawatnya turun, maka di Sumatera Barat makin membaik,” jelas Budi.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengungkapkan jika Pemprov Sumbar cukup sering melayangkan surat pada pihak maskapai Garuda Indonesia supaya dapat menurunkan harga tiket pesawat Jakarta-Padang. “Ya kita dari Pemprov Sumatera Barat sudah sering menyurati. Ternyata sekarang Menhub menyatakan akan membahas untuk menurunkan tiket pesawat ini. Semoga pariwisata di Sumatera Barat kembali bergairah,” ujarnya.

Seperti diketahui, tingginya harga tiket sejak beberapa bulan yang lalu telah mengakibatkan aktivitas di Internasional Minangkabau mengalami penurunan, terutama rute Padang-Jakarta atau dari Padang ke destinasi lainnya. Alhasil masyarakat lebih memilih berwisata ke luar negeri seperti Malaysia, lantaran harga tiket untuk rute internasional jauh lebih murah dibandingkan tiket pesawat domestik.