Harga Tiket Pesawat Bakal Diskon 50% Tiap Selasa, Kamis, Sabtu

Jakarta – Dalam rangka menekan , pemerintah meluncurkan kebijakan baru yang mengatur diskon sebesar 50% untuk tiket pesawat khusus di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu di jam tertentu. murah ini akan ditanggung bersama oleh pihak maskapai , pengelola bandara, PT Pertamina selaku penyedia bahan bakar, dan AirNav.

Membeli Tiket Pesawat - fortune.com

Membeli Tiket Pesawat – fortune.com

“Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan penerbangan murah, terutama untuk LCC rute domestik di hari Selasa, Kamis dan Sabtu dari pukul 10.00 sampai 14.00 waktu setempat. Pada penerbangan tersebut terdapat alokasi seat tertentu dari total kapasitas pesawat yang diberikan diskon 50% dari TBA (tarif batas atas),” ungkap Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di Jakarta, Senin (1/7), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Susiwijono memaparkan bahwa pemerintah sengaja memilih hari dan jam tersebut karena merupakan waktu yang sepi dan tersedia cukup banyak slot penerbangan. “Kami berkomitmen untuk tetap menyediakan penerbangan murah bagi masyarakat. Terkait flight dan sharing cost, secara spesifik akan dibahas kembali di rakor yang akan datang,” jelas Susiwijono.

“Lima operator penerbangan sudah menyampaikan komitmennya terkait operasional penerbangan. Minggu lalu sudah menyerahkan masing-masing komponen biaya apa yang bisa dikontribusikan untuk tiket. Tapi intinya komponen biaya perlu diformulasikan kembali,” sambungnya.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan dari Jasa Survei dan Konsultan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Gatot Trihargo menambahkan, pembagian biaya tanggungan ini tak akan mengorbankan sisi keamanan dari Airnav, maskapai penerbangan, maupun pihak pengelola bandara. “Kami mengimbau maskapai bisa memanfaatkan kebijakan ini. Bagaimana kita bisa mengoptimalkan penumpang pada jam-jam yang okupansinya sedikit,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nur Isnin Istiartono menuturkan jika sejumlah maskapai telah menerapkan diskon tiket, misalnya saja Lion Air Group dan AirAsia Indonesia. “Lion Group sudah memberikan promo, diskon menarik dan masih berlaku. Jadi hasil kesimpulan tadi sesuai dengan strategi marketing masing-masing maskapai,” paparnya.

Pemerintah melakukan evaluasi secara berkala penurunan TBA harga tiket pesawat yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019. Hal ini dilakukan guna memastikan terjadinya keseimbangan antara kepentingan publik dan industri terkait.