H-9 Lebaran, Jumlah Pemudik di Bandara Soetta Meningkat

– Sejak H-9 , jumlah pemudik yang berangkat lewat Internasional Soekarno-Hatta Tangerang rupanya mulai meningkat hingga 16,97% atau sekitar 181.007 .

Tahun Ini Jumlah Pemudik di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Naik Empat Persen - tribunnews.com

Tahun Ini Jumlah Pemudik di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Naik Empat Persen – tribunnews.com

Menurut Staff Humas PT Angkasa Pura (AP) II, Djodi Prasetyo, kenaikan jumlah penumpang tersebut dihitung berdasarkan perbandingan dari jumlah penumpang pada H-9 tahun 2016 lalu yang hanya sekitar 154.741 penumpang. “Ya sudah mulai ada peningkatan jumlah penumpang, tetapi kalau jumlah justru berkurang dari tahun sebelumnya, dikarenakan ada perubahan jenis dari narrow body menjadi wide body atau berkapasitas penumpang lebih besar,” ujar Djodi di Posko Lebaran Terminal 1B, Bandara , Rabu (17/6), seperti dikutip Okezone.

Selain itu Djodi mengungkapkan bahwa tambahan atau extra flight domestik yang berangkat dari Bandara Soetta berjumlah 17 pesawat dan dari arah sebaliknya sebanyak 12 pesawat. tambahan tersebut sebagian besar menuju ke Surabaya, Denpasar, Makassar, Kualanamu, Yogyakarta, Palembang, Semarang, Pontianak, Padang, dan Pekanbaru.

Sedangkan jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta jumlahnya mencapai 1.218 penerbangan, baik take off dan landing, atau sekitar 76 penerbangan per jam. “Untuk hari ini (Rabu) yang ter-record oleh kami terdapat sebanyak 1.652 flight,” tandas Djodi.

Hingga pukul 12.05 WIB kemarin, Terminal 1 Keberangkatan Bandara Soetta masih terpantau normal dan belum menunjukkan adanya antrean penumpang yang hendak melakukan check in. Salah seorang penumpang asal Semarang, Jawa Tengah, bernama Taufiq mengaku memutuskan lebih awal lantaran tempat kerjanya saat ini sudah mulai libur.

“Pulang hari ini karena tempat kerja sudah mulai libur,” ujar penumpang yang baru mendarat dari Palembang, Sumatera Selatan tersebut. Ia transit di Bandara Soetta untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke kota tujuan, yakni Semarang.