Giliran Vietnam Air Pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta – Menyusul perpindahan Saudi Arabian Airlines ke pada (10/7) lalu, kini giliran Vietnam Airlines yang juga memindahkan segala operasionalnya di terminal baru Soetta. Sebelumnya, Vietnam Airlines melayani internasional di Terminal 2.

Senior General Manager Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan - www.airmagz.com

Senior General Manager Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan – www.airmagz.com

Vietnam Airlines nantinya masih tetap melayani penerbangan rute Jakarta-Hanoi dan Jakarta-Ho Chi Minh. Keseluruhan penerbangan tersebut akan beroperasi dengan memakai pesawat wide body Airbus 320 NG. Senior General Manager Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan mengatakan jika sejumlah maskapai internasional yang tergabung dalam Skyteam sengaja dipindahkan dari Terminal 2 ke Terminal 3 untuk mengurangi kepadatan.

“Kami sudah melakukan optimalisasi sarana dan prasarana di Terminal 3. Baik dari sisi pelayanan dan , seperti sisi airside dan landside sudah kami persiapkan,” kata Suriawan Wakan, Rabu (12/7), seperti dilansir Liputan 6.

Maskapai pertama yang beroperasi di Terminal 3 Bandara Soetta adalah Garuda Indonesia. Pesawat Garuda Indonesia melayani penerbangan domestik maupun internasional dan sampai saat ini operasional seluruh penerbangan Garuda Indonesia di T3 dianggap berlangsung lancar dan sukses. “Ini sudah sesuai dengan roadmap kami. Perpindahan operasional Skyteam ke Terminal 3 berjalan lancar dan sukses,” tuturnya.

Untuk menunjang kelancaran operasional penerbangan di Terminal 3, nantinya di sana juga akan dilengkapi fasilitas 64 konter imigrasi dengan masing-masing 32 konter imigrasi pada bagian keberangkatan dan kedatangan. Di samping itu ada pula 32 autogate imigrasi, dengan masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi di kedatangan. “Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” tandas Wakan.

Usai Vietnam Airlines, dalam waktu dekat ini juga akan segera menyusul sejumlah maskapai internasional lainnya yang akan memindahkan operasional penerbangannya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yakni Korean Air dan Xiamen Air.