Garuda Tawarkan Layanan Helikopter ke Bandara Soetta, Ini Tarifnya

Jakarta nasional menjalin kerjasama dengan Whitesky Aviation atau Helicity untuk memberikan kemudahan bagi para kelas bisnis yang hendak bepergian dengan menaiki helikopter. Saat ini Whitesky Aviation sedang membangun landasan untuk helikopter atau helipad di , Tangerang, Banten yang ditargetkan selesai tahun 2019 mendatang.

Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia - ekonomi.kompas.com

Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia – ekonomi.kompas.com

“Keduanya tengah mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan jasa helikopter, sehingga penumpang Garuda, dikhususkan untuk kelas bisnis bisa langsung terbang dengan helikopter Whitesky dari Bandara Soekarno-Hatta ke titik lain di Jakarta,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury di Tangerang, Senin (10/9), seperti dilansir Antara.

Pahala melanjutkan jika kerjasama ini adalah peningkatan layanan dan kelanjutan kerjasama sebelumnya untuk menuju jenjang lebih luas. “Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan, sekaligus menambah alternatif transportasi udara bagi penumpang Garuda Indonesia yang mempunyai tujuan ke berbagai destinasi sekitar Kota Jakarta menggunakan helikopter,” tutur Pahala.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengungkapkan jika tarif atau biaya untuk sekali penerbangan dengan helikopter dari Jakarta ke Bandara Soetta adalah Rp 6 juta hingga Rp 8 juta. Satu helikopter mampu menampung kapasitas 4 penumpang. “Kalau untuk Jakarta-Bandung biaya charternya Rp 16 juta,” beber Denon.

Sementara itu, waktu tempuh rute Jakarta-Bandara Soetta dengan helikopter sekitar 10 menit, rute Jakarta-Bandung memakan waktu 45-50 menit, dan rute Jakarta-Bogor pun dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit saja.

Hingga kini pengguna jasa Whitesky mayoritas berasal dari kelas bisnis. Oleh sebab itu Whitesky menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. “Kebanyakan bisnis trip. Langsung ke helipad yang biasa di atas gedung-gedung itu. kami punya di Hotel Shangri-La, Hotel Fairmont Senayan, ada 23 titik yang sudah kerja sama, tapi titik yang possible take off-landing ada 170 di Jakarta dan sekitarnya,” jelas Denon.

Sewa helikopter milik Whitesky Aviation dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi Helicity di Android maupun iOS. Pemesanan helikopter paling lama 2 jam sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk mekanisme pembayaran masih dilakukan lewat saluran terpisah, yakni di Garuda dan Whitesky. “Dan ini masih berproses bersamaan nanti rampung pembangunan helipad Cengkareng estimasi Juni 2019,” pungkasnya.