Garuda Resmi Terbang Non-Stop dari Jakarta ke London

Jakarta nasional menerbangi Jakarta-London pergi pulang (PP) secara non-stop pada Selasa (31/10) kemarin. Peresmian penerbangan langsung (direct flight) Jakarta-London tersebut ditandai dengan diterbangkannya pesawat GA 086 Jakarta-London dan dihadiri oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gde Pitana, di .

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Nugraha Mansury - ekonomi.kompas.com

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Nugraha Mansury – ekonomi.kompas.com

Menurut Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Pahala Nugraha Mansury, layanan penerbangan non-stop ini sejalan dengan program restrukturisasi jaringan penerbangan, sekaligus upaya untuk meningkatkan layanan pada para pengguna jasa. “UK merupakan pasar Eropa paling potensial untuk Asia Pasifik, juga Indonesia. Tak hanya penumpang, tapi juga kargo yang terus meningkat. Dengan ini rute langsung Eropa-Indonesia dari Garuda menjadi dua, selain Amsterdam,” ujar Pahala, seperti dilansir Kompas.

Bahkan rute Jakarta-London yang dilayani oleh Garuda Indonesia ini adalah rute penerbangan nonstop tercepat dengan durasi penerbangan di bawah 15 jam. “Dengan dioperasikan layanan ini, maka Garuda Indonesia akan menjadi satu-satunya maskapai yang memiliki layanan penerbangan nonstop tercepat, nyaman, dan efisien dari Indonesia ke UK dan Eropa,” ungkap Pahala.

Dengan dioperasikannya rute penerbangan Jakarta-London PP juga memudahkan penumpang dari Inggris untuk bepergian ke wilayah Asia Pasifik seperti beberapa destinasi di Australia, yakni Melbourne, Sydney, dan Perth. Pasalnya, rute penerbangan Jakarta-London juga terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia ke Australia.

I Gde Pitana juga mengapresiasi pembukaan rute tersebut sebab berpotensi untuk meningkatkan kedatangan wisatawan Eropa, khususnya dari UK. “Kami yang paling berbahagia, karena konektivitas udara merupakan kunci sukses faktor untuk kedatangan wisatawan juga devisa, makanya jadi program prioritas. Ini juga solusi dari hasil riset kenapa wisatawan UK yang datang ke Indonesia paling sedikit dibanding negara lain di Asia,” jelas Pitana.

Pesawat Garuda Indonesia melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak 3 kali per minggu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER dengan kapasitas 314 penumpang yang terdiri dari 8 seat first class, 38 tempat duduk business class, dan 268 kursi economy class. Jadwal penerbangan dari Jakarta adalah pukul 12.05 waktu setempat dan tiba di London jam 03.00 waktu setempat. Sedangkan dari Bandara Heathrow berangkat jam 04.55 waktu setempat dan mendarat di Bandara Soetta pukul 18.55 waktu setempat.