Garuda Indonesia Jadi Terbang Jakarta-Banyuwangi, Ini Jadwalnya

JAKARTA – Setelah sempat tertunda karena masalah teknis, memastikan bakal membuka langsung Jakarta-Banyuwangi PP yang menghubungkan dengan Bandara Blimbingsari. Maskapai pelat merah itu rencananya bakal melakukan perdana rute ini pada hari Jumat (8/9) mendatang.

Garuda Indonesia - bisniskeuangan.kompas.com

Garuda Indonesia – bisniskeuangan.kompas.com

Penerbangan Jakarta-Banyuwangi oleh Garuda akan menggunakan nomor penerbangan GA 264 dengan waktu berangkat pukul 14.10 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta dan mendarat pukul 15.55 WIB di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. Sementara, untuk rute sebaliknya, pesawat berangkat dari Banyuwangi pada pukul 17.10 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 18.50 WIB. Rute ini nantinya dilayani pada hari Senin, Selasa, Rabu, Jumat, dan Sabtu.

“Pembukaan rute ini oleh Garuda Indonesia akan memberikan banyak pilihan untuk bepergian ke Banyuwangi, selain memudahkan mobilitas ke daerah sekitar seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Bali bagian barat,” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. “Jakarta merupakan jantung ekonomi Indonesia, dan tambahan rute ini membuka peluang untuk Banyuwangi dan sekitarnya agar terus berkembang.”

Sebelumnya, Garuda Indonesia berencana menerbangi langit Jakarta-Banyuwangi pada tanggal 21 Agustus kemarin. Namun, karena ada kendala teknis, jadwal tersebut terpaksa diundur hingga bulan September ini. “Kami seharusnya sudah terbang ke Banyuwangi dari Jakarta pada 21 Agustus kemarin. Tetapi, terpaksa kami undur karena ada masalah teknis,” ungkap Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan.

“Banyuwangi ini ramai penumpangnya, sehingga perlu ada tambahan penerbangan,” sambung Ikhsan. “Kami sebagai maskapai BUMN akan tetap mendukung sektor terkait kebutuhan penerbangan.”

Jumlah penumpang di Bandara Blimbingsari sendiri memang terus menunjukkan angka yang menggembirakan. Jika pada tahun 2011 jumlah penumpang hanya tercatat 7.826 orang per tahun, maka jumlahnya meningkat 1.339 persen menjadi 112.661 orang pada tahun 2016. Hingga pertengahan Agustus lalu, jumlah penumpang sudah mencapai hampir 98.368 orang.