Garuda Indonesia Buka Direct Flight Jakarta-Pangkalan Bun PP Juni Mendatang

JAKARTA – terbesar di Tanah Air, , berencana membuka langsung yang menghubungkan ibukota Jakarta dengan Pangkalan Bun di Kalimantan Tengah. pulang-pergi tersebut menurut rencana akan dioperasikan oleh Garuda Indonesia pada bulan Juni 2018 mendatang.

Nina Sulistyowati, Direktur Marketing & IT Garuda Indonesia - indoaviation.co.id

Nina Sulistyowati, Direktur Marketing & IT Garuda Indonesia – indoaviation.co.id

Seperti dikutip dari Bisnis, layanan penerbangan tersebut akan dilakukan oleh Garuda Indonesia sebanyak satu kali penerbangan setiap hari. Maskapai ini akan menggunakan CRJ Bombardier 1000 dengan kapasitas sebanyak 96 orang. “Penerbangan tersebut merupakan bagian dari komitmen kami dalam memperkuat konektivitas ke wilayah sekunder, khususnya Kalimantan Tengah, dan terus memperkuat potensi jaringan penerbangan nasional,” kata Direktur Marketing & IT Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati.

“Operasional rute penerbangan tersebut diharapkan akan semakin memperkuat aspek infrastruktur di wilayah Pangkalan Bun, khususnya dalam menunjang potensi pariwisata serta iklim investasi dan industri,” tambah Nina. “Pasar utama rute ini adalah kalangan pebisnis dan wisatawan dari Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional.”

Sebelumnya, Garuda Indonesia sudah membuka tiga kali penerbangan setiap minggu yang melayani rute Ketapang-Semarang-Pangkalan Bun. Pada layanan tersebut, tingkat keterisian kursi pesawat diklaim mencapai rata-rata di atas 80 persen. “Hal ini menunjukkan Pangkalan Bun merupakan pasar yang potensial, dan kami yakin rute Jakarta-Pangkalan Bun akan diminati pasar,” sambung Nina.

Garuda Indonesia sendiri memang semakin agresif untuk mengembangkan rute penerbangan domestik mereka. Pada pertengahan Maret kemarin misalnya, mereka sudah mengoperasikan penerbangan langsung dari Jakarta menuju Sorong via Bandara Internasional Soekarno-Hatta, guna meningkatkan akses pariwisata ke Indonesia bagian timur.

“Penerbangan Jakarta-Sorong dilayani pesawat GA 682 dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 00.20 WIB dan tiba di Sorong pada pukul 06.35 WIT,” imbuh Nina. “Sementara, rute sebaliknya, bertolak dari Sorong pada pukul 07.25 WIT dan mendarat di Jakarta pada pukul 08.55 WIB menggunakan pesawat dengan kode GA 683.”