Garuda Indonesia Awali Penerbangan Internasional di T3 Bandara Soetta

TANGERANG – akan melayani rute secara terbatas di mulai bulan April 2017 mendatang. Kepastian ini menyusul sudah hampir selesainya kesiapan terminal baru tersebut untuk penerbangan internasional.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin - www.josstoday.com

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin – www.josstoday.com

Saat ini, penerbangan internasional maskapai Garuda Indonesia masih terpusat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Sementara, penggunaan Terminal 3 oleh Garuda Indonesia masih terbatas untuk penerbangan rute domestik.

“Mulai April 2017, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan dioperasikan untuk penerbangan internasional, dengan tahap pertama yang akan beroperasi adalah airline Garuda Indonesia,” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. “Kemudian, di bulan Mei, menyusul maskapai yang terafiliasi dengan Sky Team.”

Sementara itu, Public Relation PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, menambahkan bahwa kesiapan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta untuk menggelar operasi penerbangan internasional terbatas telah masuk tahap final, atau sudah mencapai 98 persen. Setelah itu, akan ada proses seperti verifikasi dari Direktorat Perhubungan Udara, simulasi keberangkatan, dan lainnya, mirip seperti yang terjadi saat operasional domestik.

“Untuk full penerbangan internasional, diharapkan dapat beroperasi pada Juli 2017, dengan progress persiapannya saat ini baru mencapai 94 persen,” kata Yado. “Nanti, tahapan prosesnya tersebut kurang lebih sama seperti operasi terbatas Garuda Indonesia.”

Sementara, untuk jadwal detail operasi penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, ditambahkan Yado, hal tersebut sampai saat ini masih disiapkan. “Jadwal detail penerbangan ini nantinya akan disesuaikan dengan tim operasi PT Angkasa Pura II,” pungkas Yado.