Garuda Buka Rute Penerbangan Jakarta-Mumbai dari Bandara Soetta

Tangerang nasional, membuka baru Jakarta – Mumbai PP (lewat Bangkok) pada Senin (12/12) lalu. Rute terbaru tersebut sengaja dibuka untuk mewujudkan program pengembangan jaringan Garuda di Asia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo - www.republika.co.id

Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo – www.republika.co.id

“Mumbai merupakan pusat hiburan, wisata, dan bisnis di India, kegiatan ekspor-impor juga ramai, potensi penerbangannya juga menjanjikan, itu kenapa kami membuka rute ini (Mumbai),” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo di , Tangerang, Banten.

Penerbangan perdana ke Mumbai tersebut memakai 737-800 NG dengan kapasitas 156 tempat duduk (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi). Rute penerbangan baru ini dianggap sangat berpotensi untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara, terutama dari India. Di samping itu, rute ini juga diharapkan bisa meningkatkan hubungan bilateral kedua negara baik di sektor perekonomian, pariwisata, dan sosial budaya.

“Wisatawan India yang datang ke Indonesia pada tahun 2015 lalu mencapai 270.000 orang, dan pada akhir tahun 2016 ini telah mencapai 350.000 orang. Dengan jumlah wisatawan India yang terus meningkat di setiap tahunnya, kami yakin Mumbai merupakan pasar yang prospektif bagi kami,” jelas Arif Wibowo.

Penerbangan Jakarta-Mumbai diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 05.55 WIB dan sampai di Bangkok pukul 09.25 waktu setempat, kemudian dilanjutkan dari Bangkok Svarnabhumi pukul 10.20 waktu setempat dan tiba di Bandara Chhatrapati Shivaji International Airport, Mumbai jam 15.00 waktu setempat.

“Penumpang dari Mumbai yang ke Bangkok (dengan Garuda Indonesia) bisa memilih penerbangan lanjutan selain ke Jakarta juga ke Denpasar,” tuturnya. “Kini masyarakat di India dapat dengan mudah untuk mengakses penerbangan ke Indonesia melalui kota Jakarta, dengan waktu transit yang begitu singkat di Bangkok,” tandas Arif.