Terbang Jakarta-Jayapura PP, Garuda Siapkan Pesawat Airbus

JAKARTA – Setelah sempat tertunda sebanyak dua kali, kembali membuat rencana untuk menerbangi Jakarta-Jayapura PP dengan menggunakan tipe Airbus. Ini dilakukan karena memprediksi jumlah kunjungan ke Papua akan semakin meningkat, bukan hanya semakin dekatnya penemuan vaksin COVID-19, tetapi juga minat wisatawan yang tinggi untuk berlibur ke ujung timur Indonesia.

Pesawat Garuda Indonesia - www.aviatren.com

Pesawat Garuda Indonesia – www.aviatren.com

Dilansir dari CNN Indonesia, rencana pengoperasian Airbus dalam penerbangan Jakarta-Jayapura sendiri sebetulnya telah dijadwalkan sejak 2016. Namun, rencana itu selalu batal karena terkendala berbagai faktor. Terakhir, pengoperasian Airbus Jakarta-Jayapura direncanakan kembali pada Januari 2019, dan lagi-lagi gagal. Padahal, mempertimbangkan faktor tingginya frekuensi penumpang di rute tersebut, Airbus sudah seharusnya bisa dioperasikan.

“Direktur operasi kami sudah sepakat dan mengajukan permintaan ke Angkasa Pura I untuk memperkuat landasan udara di Jayapura karena kami berencana terbang menggunakan Airbus Jakarta-Jayapura langsung,” tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. “Karena, ke depan, penerbangan ke Jayapura diprediksi akan meningkat bukan hanya karena ditemukannya vaksin COVID-19, melainkan juga tingginya minat orang untuk berwisata ke Papua.”

Ia pun berharap agar Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusbandio, dapat ikut meresmikan penerbangan pertama Airbus rute Jakarta-Jayapura. “Kalau bisa dan memungkinkan, saya mengajak Mas Menteri untuk ikut meresmikan sekaligus juga untuk promosi Jayapura sebagai destinasi wisata unggulan,” sambung Irfan.

Sementara itu, menurut Wishnutama, setiap daerah memiliki keunikan masing-masing yang harus tetap dipertahankan sebagai ciri khas. Oleh sebab itu, yang penting sekarang bagaimana setiap daerah dipoles supaya daya tariknya terlihat. “Jadi, kalau dibilang paling bagus, susah, karena semua bagus, tetapi kalau suruh menyebut satu, saya sebutnya Jayapura, karena tempat kelahiran saya,” kata Wishnutama.

daerah setempat sendiri mengizinkan maskapai masuk ke Bumi Cenderawasih dengan jadwal tiga kali seminggu. Penerbangan Garuda, selain Jakarta-Jayapura PP, juga mencakup Jakarta-Makassar-Jayapura-Merauke PP, serta Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura PP. Sementara, anak usaha mereka, Citilink Indonesia, terbang Jakarta-Makassar-Jayapura PP.